SKRIPSI PIAUD
Implementasi Permainan Tradisional Dalam Mengembangkan Kecerdasan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Insan Robbani Karangrejo Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan
Kegiatan bermain bersama yang dilakukan bersama sekelompok teman menjadikan anak mampu menilai dirinya, tentang kelebihan yang anak miliki dan dapat menimbulkan sikap percaya diri. Permainan tradisional yaitu suatu permainan yang dimainkan oleh anak-anak jaman dulu. Salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan kecerdasan sosial anak usia dini yaitu dengan bermain permainan tradisional. Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan bahwa di PAUD Insan Robbani Karangrejo ini masih banyak anak yang kurang percaya diri, masih malu-malu dalam bermain ada juga anak yang tidak suka bermain bersama temannya, lebih nyaman bermain sendiri di pojokan kelas dan pada sarana dan prasarananya masih belum memadai, pada ruang kelasnya dan alat mainnya belum cukup lengkap untuk kegiatan permainan tradisional
Rumusan masalah yang peneliti kemukakan dalam penelitian ini meliputi: (1)Bagaimana implementasi permainan tradisional dalam mengembangkan kecerdasan sosial anak usia 5-6 tahun di PAUD Insan Robbani Karangrejo? (2)Bagaimana perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di PAUD Insan Robbani Karangrejo? (3)Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kecerdasan sosial anak usia 5-6 tahun di PAUD Insan Robbani Karangrejo?
Penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah implementasi permainan tradisional dilakukan dengan tahap persiapan yaitu melalui kegiatan terprogam (RPPH), tahap pelaksanaan yaitu sesuai dengan kurikulum, tahap evaluasi yaitu review dan perbaikan. Karakteristik dilakukan dengan indikator; tanggung jawab pada diri sendiri, sesama, dan lingkungan. Faktor yang mendukung kecerdasan sosial yaitu faktor kematangan dan faktor lingkungan sedangkan faktor yang menghambat kecerdasan sosial yaitu lingkungan dan sarana prasarana.
24SK2424051.00 | SK PIAUD 24.051 MEL i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain