SKRIPSI PAI
Penguatan Moderasi Beragama Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh riset terbaru yang menyatakan bahwa potensi radikalisme di dunia maya banyak ditemukan pada generasi muda. Oleh karenanya moderasi beragama hadir dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut. Moderasi beragama didefinisikan sebagai cara beragama yang tengah tengah. Program studi Pendidikan Agama Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan berperan serta dalam upaya penguatan moderasi beragama guna menciptakan mahasiswa yang moderat. Rumusan masalah penelitian adalah: bagaimana pemahaman moderasi beragama mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan? Bagaimana penguatan moderasi beragama mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan? Bagaimana implikasi penguatan moderasi beragama bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan? Tujuan: Untuk menganalisis pemahaman moderasi beragama mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, untuk menganalisis penguatan moderasi beragama mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, dan untuk menemukan implikasi penguatan moderasi beragama mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Kegunaan: Memperkaya khazanah kajian mengenai penguatan moderasi beragama bagi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif di mana peneliti dalam melakukan penelitiannya menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data primer memuat mahasiswa Pendidikan Agama Islam, pengelola program studi Pendidikan Agama Islam, dan dosen-dosen. Adapun sumber sekunder berasal dari kajian dan kegiatan yang dilakukan oleh Program studi Pendidikan Agama Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman moderasi beragama mahasiswa Pendidikan Agama Islam sudah cukup baik. Hal ini didukung dengan penguatan moderasi beragama yang dilakukan melalui kuliah umum bertema moderasi beragama, proses pembelajaran mata kuliah moderasi beragama serta melalui mata kuliah PPL dan KKL. Kegiatan tersebut memberikan implikasi berupa pemahaman mahasiswa yang moderat dan toleran
24SK2421279.00 | SK PAI 24.279 AFF p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain