SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Kelas IX B Madrasah Tsanawiyah Al Utsmani Kajen Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya memilih dan menguasai metode serta strategi dalam pembelajaran karena salah satu bagian yang dapat menentukan keberhasilan siswa dalam pembelajaran. Dari berbagai metode pembelajaran salah satunya yaitu metode mind mapping . Metode ini siswa dapat menuangkan ide kreativitas berupa gambar, tulisan, serta warna dan metode ini disajikan dengan ringkas sehingga siswa mudah memahami dan menghafal materi pelajaran khususnya mata pelajaran al-qur’an hadits.Rumusan masalah penelitian: (1) Bagaimana kualitas hasil belajar siswa kelas IX B dengan implementasi metode mind mapping pada mata pelajaran al-qur’an hadits di Madrasah Tsanawiyah Al Utsmani Kajen Pekalongan?, (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode mind mapping untuk meningkatkan kualitas hasil belajar pada mata pelajaran al-qur’an hadits di Madrasah Tsanawiyah Al Utsmani Kajen Pekalongan?. Tujuan penelitian ini secara teoritis untuk menambah wawasan maupun pengetahuan ilmu pendidikan khususnya mengenai metode mind mapping yang diterapkan di Madrasah Al Utsmani Kajen Pekalongan serta bahan pertimbangan dan studi pendidikan bagi pengembang pendidikan untuk meningkatkan kualitas hasil belajar, serta tujuan praktis yaitu untuk menambah pengetahuan mengenai metode mind mapping pada mata pelajaran al-qur’an hadits, dan dapat menciptakan suasana yang menyenangkan, pembelajaran di kelas lebih aktif, serta memudahkan pembelajaran dengan metode yang lebih efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IX B di Madrasah Tsanawiyah Al Utsmani Kajen Pekalongan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kualitas hasil belajar pada mata pelajaran al-qur’an hadits kelas IX B terlaksana baik dan berjalan efektif karena melalui tahapan yang sempurna. Hasil dari penerapan metode mind mapping di madrasah tsanawiyah al utsmani kajen pekalongan memberikan dampak yang baik bagi siswa, hal ini diawali karena faktor dari siswanya yang semangat dalam belajar dengan metode mind mapping, dampak yang didapatkan siswa dapat lebih kreatif serta menumbuhkan minat belajar siswa serta dapat meningkatkan kualitas hasil belajar.
24SK2421276.00 | SK PAI 24.276 SAN i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain