SKRIPSI PAI
Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Zakat Profesi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di Kelas X MA Ma'arif Walisongo Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa kelas X MA Ma’arif Walisongo pada materi zakat mata pelajaran Fikih. Rendahnya motivasi belajar disebabkan materi zakat dinilai siswa sebagai materi yang sulit karena banyak berkelut dengan angka dan rumus. Selain itu, penggunaan metode yang monoton dan kurangnya kreatifitas guru dalam mengolah pembelajaran turut memberikan imbas rendahnya motivasi belajar siswa Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kartu zakat profesi, mengetahui efektifitas media pembelajaran kartu zakat profesi dalam meningkatkan motivasi belajar serta peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Borg & Gall modifikasi Sugiyono yang menggunakan tujuh tahapan penelitian yaitu: 1) Identifikasi Masalah, 2) Pengumpulan Informasi, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji coba Produk, 7) Revisi Produk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara terbuka, angket penilaian ahli, angket penilaian siswa dan angket motivasi sebelum dan sesudah menggunakan media. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil dari validasi ahli materi media kartu zakat profesi mendapatkan 94% tergolong sangat valid, validasi ahli media mendapatkan 96% tergolong sangat valid dan ahli pembelajaran mendapatkan 86% tergolong sangat valid. Hasil validasi para ahli menyatakan bahwa media kartu zakat profesi layak dan sangat efektif digunakan. Hasil dari angket motivasi belajar siswa sebelum menggunakan media mendapatkan kategori cukup dengan perolehan 66% dan sesudah menggunakan media mendapatkan kategori tinggi dengan perolehan 80%. Dari hasil angket motivasi siswa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kartu zakat profesi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
24SK2421271.00 | SK PAI 24.271 MUH p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain