SKRIPSI PIAUD
Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Anti Korupsi Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di TK Muslimat NU Masyithoh 02 Kauman Pekalongan
Pendidikan merupakan sebuah kunci untuk masa depan suatu bangsa dan pendidikan antikorupsi merupakan pendidikan yang sangat penting ditanamkan sejak dini, karena pendidikan pada usia dini menjadi titik sentral untuk membangun pondasi dasar kepribadian anak. Anak yang mempunyai usia 0-6 tahun pada masa ini perkembangan anak lebih optimal untuk diberikan pembinaan melalui pemberian rangsangan, sesuai karakteristik anak usia dini mereka mempunyai rasa ingin tahu yang besar dan masa paling potensial untuk belajar. Dimulainya menanamkan pendidikan antikorupsi pada usia dini inilah diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengurangi sikap-sikap dan mengubah pola pikir terhadap korupsi pada masa yang akan datang.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan antikorupsi apa saja yang dapat ditanamkan pada anak usia dini melalui metode bercerita dan bagaimana pelaksanaan metode bercerita dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi pada anak usia dini di TK Muslimat NU Masyithoh 02 Kauman.
Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research).Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisisnya meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data.
Hasil penelitian ini menunjukkan proses kegiatan menanamkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi di TK Muslimat NU Masyitoh 02 Kauman Pekalongan bahwa pendidikan anti korupsi dapat diintegrasikan secara efektif dalam kurikulum anak usia dini melalui mengimplementasikan sembilan nilai anti korupsi. Melalui pelaksanaan metode bercerita dalam penelitian ini telah terbukti menjadi metode yang berhasil dalam mentransfer nilai-nilai anti korupsi kepada anak-anak. Selain itu, peran aktif orang tua dan guru sebagai role model juga memainkan peran penting dalam membentuk sikap dan perilaku anak terkait integritas dan moralitas. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman praktik-praktik terbaik dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi bagi anak usia dini. Implikasi hasil penelitian ini mencakup rekomendasi untuk pengembangan program pendidikan anti korupsi yang lebih luas di lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini serta upaya peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan anti korupsi sejak dini dalam membangun masa depan yang bersih dan berintegritas.
24SK2424048.00 | SK PIAUD 24.048 FIK m | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain