SKRIPSI PIAUD
Implementasi Pembentukan Karakter Sopan Santun Anak Usia 4-6 Tahun Di PAUD Lab School FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
Karakter sopan santun menjadi salah satu hal dasar dan sangat penting bagi peserta didik, sehigga peserta didik harus diajari sejak kecil. Akan tetapi, dengan adanya beberapa berita di media social, media elektronik, dan lingkungan sekitar tentang menurunnya karakter sopan santun anak usia dini membuat miris akan kondisi sekarang ini, seperti anak yang belum bisa menerapkan kata maaf, tolong dan terimakasih dalam kehidupan sehari-hari, berita siswi di Gresik buta permanen dikarenakan ditusuk matanya oleh kakak kelasnya. Oleh karena itu, guru dan pihak sekolah memilki peran penting dalam pembentukan karakter sopan santun anak usia dini. PAUD Lab School FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan memiliki cara dalam pembentukan karakter sopan santun anak usia dini yaitu dengan pembiasaan dan keteladanan setiap harinya kepada peserta didik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana implementasi pembentukan karakter sopan santun anak usia 4-6 tahun di PAUD Lab School FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan? (2) Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung keberhasilan pembentukan karakter sopan santun anak usia 4-6 tahun di PAUD Lab School FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan bersifat deskriptif kualitatif, dilakukan di PAUD Lab School FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan selama satu minggu mulai dari 16 Oktober sampai 22 Oktober 2023. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembentukan karakter sopan santun anak usia dini di PAUD Lab School FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan sudah sangat baik. Adapun anak sudah dikatakan sopan santun karena sudah sesuai dengan indikator sopan santun yaitu sopan santun dalam berbahasa, sopan santun dalam berperilaku, dan sopan santun dalam berpakaian. Implementasi pembentukan karakter sopan santun anak di PAUD Lab School FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan dengan cara pembiasaan dan keteladanan ketika perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran di sekolah. Adapun faktor penghambat pembentukan karakter sopan santun anak yaitu faktor asupan makanan dan faktor penggunaan teknologi. Faktor pendukung pembentukan karakter sopan santun anak yaitu faktor orang tua, faktor guru, faktor kematangan, dan faktor lingkungan.
24SK2424047.00 | SK PIAUD 24.047 VIN | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain