SKRIPSI PBS
Pengaruh Debt To Asset Ratio (DAR), Financing To Deposit Ratio (FDR), Non Performing Financing (NPF), Capital Adequacy Ratio (CAR) Terhadap Return On Asset (RAO) Pada PT. Bank Muamalat Indonesia TBK 2015-2022
Penelitian ini dilatar belakangi adanya penurunan jumlah Anggota akibat dampak covid 19. Gerai Dinar Pekalongan membuat inovasi bagaimana cara menambah jumlah anggota agar mau berinvestasi di Gerai Dinar Pekalongan. Admin dinar (minar) ada sejak tahun 2020 yaitu sebuah inovasi yang dilakukan oleh Gerai Dinar Pekalongan dalam rangka menambah jumlah anggota. Minar bekerja sebagai Online Customer Service yang melayani anggota melalui media sosial. Dengan adanya minar, anggota dan pihak perusahaan bisa bertransaksi secara online. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Online Customer Service terhadap Loyalitas Anggota dengan Kepuasan Anggota sebagai Variabel Intervening di Gerai Dinar Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Dan metode analisis yang digunakan adalah melalui Uji Jalur dengan bantuan software SPSS 24.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh dua persamaan uji jalur. Hasil dari pengujian kedua persamaan tersebut yaitu terdapat adanya pengaruh pada kedua variabel bebas yang digunakan, yakni variabel Kualitas Pelayanan dan Kinerja Online Customer Service terhadap Loyalitas Anggota, baik secara langsung ataupun secara tidak langsung melalui variabel Kepuasan Anggota. Koefisien determinasi (Adjusted R square) yang pertama sebesar 0,775 yang berarti bahwa variabel kepuasan anggota dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan dan kinerja Online Customer Service sebesar 77,5%, sedangkan sisanya 22,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian. Dan koefisien determinasi (Adjusted R Square) yang kedua sebesar 0,862 yang berarti bahwa Loyalitas Anggota (Y) dapat dijelaskan oleh Variabel Kualitas Pelayanan, Kinerja Online Customer Service dan Kepuasan Anggota sebesar 86,2%, sedangkan sisanya 13,8% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kinerja Online Customer Service, Loyalitas Anggota, dan Kepuasan Anggota
DAFTAR PUSTAKA
Al Idrus, S. (2019). Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian. Media Nusa Creative.
Angela, E. A. (2020). Pengaruh Kinerja Pelayanan, Customer Relasionship Management dan Digitalisai Bank terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening. Universitas Islam Negeri Salatiga.
Ardiyanto, R. B. (2013). Pengaruh Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah yang Dimediasi oleh Kepercayaan Nasabah pada Bank BRI Syariah Surakarta. Skripsi, 1–17.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Asnawi, N., & Masyhuri. (2001). Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Maliki Press.
Astuti, N. K. A. W., Susanti, P. H., & Puja, I. M. S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Anggota KSP Karya Pemulung Denpasar. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(3), 786–797.
Damayani, E. (2020). Pengaruh Pelayanan Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Di BMT NU Cabang Kadur Pamekasan. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi.
Dharmayanti, D. (2006). Analisis Dampak Service Performance Dan Kepuasan Sebagai Moderating Variable Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Nasabah Tabungan Bank Mandiri Cabang Surabaya).
Jurnal Manajemen Pemasaran, 1, 35–43.
Ema, S. D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Anggota Koperasi Credit Union Jembatan Kasih Tanjungpinang. Student Online Journal, 21(1), 1–9.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19 Edisi 5. BP UNDIP.
Hufron, M., Rachma, N., & Hasanah, I. (2019). Pengaruh Service Performance Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Trust Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Nasabah Koperasi Iqtishod Unisma). Jurnal Riset ManajemenPRODI MANAJEMEN, 118.
Indah, S. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Penyewa Dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Penyewa (Studi Kasus: PT. Grand Indonesia). MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(1), 123–134.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press. Janna, N. M. (2021). Konsep Uji Validitas dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.
Juliandi, A., Irfan, & Manurung, S. (2014). Metode Penelitian Bisnis (Konsep dan Aplikasi). UMSU Press.
Karim, K. (2020). Aspek Kepuasan Nasabah Berdasarkan Kualitas Jasa Perbankan (T. Lestari (ed.)). CV. Jakad Media Publishing.
Kasmir. (2017). Customer Service Excellent (Teori dan Praktik) (cetakan ke). PT.RajaGrafindo Persada.
Kawiana, I. G. P. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Koperasi terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Anggota Koperasi sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(3), 481–488.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Education. Lubis, L. A. P. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Karyawan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada KOPMA UMS).
Universitas Muhammadiyah Surakarta, 21, 1–9.
Mahadi, S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kinerja Customer Service Officer Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2, 111–120.
Marantika, S. (2016). Pengaruh Kinerja Pelayanan Customer Service Dan Promosi Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Bni Syariah Cabang Banda Aceh. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1–23.
Margaretha, M. (2004). Studi Mengenai Loyalitas Pelanggan Pada Divisi Asuransi Kumpulan AJB Bumi Putera. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, vol.3 no.3, 297.
Mighfar, S. (2015). Social Exchange Theory :Telaah Konsep George C. Homans Tentang Teori Pertukaran Sosial. Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 9(2), 259–282.
Muhidin, A. (2020). Skripsi Sarjana Kependidikan: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Mahardika Press.
Noor, F. V. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT Herba Penawar Alwahida Indonesia (Studi Pada Alfatih Business Center II HPAI Kota Bengkulu). IAIN Bengkulu.
Nudyatama, I. (2017). Pengaruh Kinerja Karyawan dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah di BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung. Jurnal Manajemen.
Nur, A. M., Ali, A., & ibadurrahman. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Pada Koperasi Kredit Pintu Air Cabang Makassar. Jurnal PenKomi : Kajian Pendidikan Dan Ekonomi, 3(2), 86–92.
Nursalam. (2008). Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pedoman Skripsi, Tesis, Dan Instrumen Penelitian Keperawatan Edisi 2. Salemba Medika.
Oliver, R. L. (2010). Satisfication: A Behavioral Perspective on The Customer. McGraw-Hill.
Perdana, E. (2016). Olah Data Skripsi Dengan SPSS 22. In Lab Kom Manajemen Fe Ubb.
Pramana, I. G. Y., & Rastini, N. M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Cabang Veteran Denpasar Bali. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(1), 706–733.
Prawirosentono, S. (1999). Manajemen sumber Daya Manusia ( Kebijakan Kinerja Karyawan), Kiat membangun Organisasi Kompetitif menjelang Perdagangan Bebas Dunia (edisi pert). BPFE.
Putri, D. A. M. M. D. G., & Suasana, I. (2017). Peran Kepuasan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah. 6(11), 6271–6297.
Putri, N. P. M. D., Susanti, P. H., & Puja, I. M. S. (2021). Pengaruh Servicescape Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Anggota Sebagai Variabel Mediasi.
Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Parwisata, 1(4), 1108–1118.
Ramadani, O. V., Kadir, A. R., & Sanusi, A. (2019). Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah Pada BMT Barokatul Ummah Di Kabupaten Merauke. Hasanauddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship, Vol. 2. No, 65–75.
Rangkuti, F. (2013). Customer Service Satisfaction & Call Center. PT Gramedia Pustaka Utama.
Rendi, A. (2018). Pengaruh Experiential Marketing dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada BMT di Kota Palembang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 10(1), 21–31.
Risal, T. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada BMT Kampoeng Syariah. JMB (Jurnal Manajemen Dan Bisnis), 1(1).
Riyanto, S., & Hatmawan, A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. CV Budi Utama.
Saputro, E. P., Nasir, M., Achyani, F., Arif, M., Setyaningrum, D. P., & Febriyanto, A. (2022). Digitalisasi Perbankan (Prospek, Tantangan, dan Kinerja). Muhammadiyah University Press.
Septari, N. (2016). Pengaruh Kinerja Customer Service Dan Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Syariah Bukopin Cabang Bukittinggi. Skripsi STAIN Bat.
Sidharta, G. (2020). Teori Pertukaran Sosial ( Social Exchange Theory ) Thibaut & Kelley. ResarchGate, October, 0–7.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Kencana.
Sitoyo, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metode Penelitian. Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta CV.
Sujarweni, W., & Utami, L. R. (2019). The Master Book Of SPSS. STARTUP. Sutrisno, Cahyono, D., & Qomariah, N. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan,
Kepercayaan Serta Citra Koperasi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Anggota. Jurnal Sains Manajemen & Bisnis Indonesia, 7(2), 157–174.
Syahputra, A. B., Susianto, & Murtani, A. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Nasabah Bank Sumut Syariah Kcpsy Marelan Raya). Jurnal FEB, Vol. 1 No., 477–486.
Tjiptono, F. (2008). Pemasaran Strategik (Ketiga). Andi.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi. Ubaid, M. S. (2020). Kinerja Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Keputusan Menabung Di Bank Konvensional (Study Kasus Bank Daerah Lamongan), Jurnal Ekonomi Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Mahasiswa, 1(6), 1–5.
Wardhana, A. A., Hudayah, S., & Wahyuni, S. (2018). Analisis Kinerja Layanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Manajemen, 9(1), 1–7.
Welta, F. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasa bah Pada BMT Surya Barokah. Jurnal I-Economic, 3(2), 129–148.
Wicaksono, Y. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Itervening (StudiWicaksono, Y. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan S. Skripsi, Universitas Diponegoro Semarang, i–58.
Widiyanto, Ismail, A. G., & Wibowo, K. A. (2016). BMT Praktik dan Kasus. PT RajaGrafindo Persada.
Wijayanto, K. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank. Jurnal Manajemen Dayasaing, 17(1), 38–45.
Yanti, M. D., & Fitriyani, D. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Konsumen / Anggota Terhadap Loyalitas Konsumen / Anggota Pada KPRI Bahagia Jaya Gubeng Surabaya. Universitas Negeri Surabaya, 1– 14.
Yaqin, A., Arifin, R., & Slamet, A. R. (2018). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah BMT NU Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Nasabah BMT NU Cabang Batang Kabupaten Sumenep). Jurnal Riset Manajemen, 7(6), 218–230.
24SK2442089.00 | SK PBS 24.089 HAN p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain