SKRIPSI PBS
Pengaruh Promosi, Jenis Produk, Dan Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Desa Tumbal Melakukan Pembiayaan Modal Di Kospin Jasa Syariah Pemalang
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemajuan teknologi yang berkembang pesat khususnya melalui internet banyak hal baru dalam bisnis yang bermunculan, seperti lembaga perbankan yang saat ini banyak memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut dengan meluncurkan sarana layanan transaksi menggunakan m- banking. Hal tersebut bisa dilihat dari perkembangan jumlah pengguna m-banking BSI di Indonesia yang berkembang sangat pesat dan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Dalam hal ini BSI KCP Pekalongan Kajen merupakan salah satunya lembaga perbankan yang memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut dengan meluncurkan sarana layanan transaksi menggunakan m-banking. Oleh karena itu, penting untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah dalam menabung dan menggunakan m-banking demi kelangsungan bisnis di tengah persaingan yang semakin ketat. Selain itu, hal ini merupakan tantangan yang harus diambil dan dikelola oleh BSI KCP Pekalongan Kajen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat kepercayaan, kualitas produk dan kualitas layanan mobile banking terhadap kepuasan nasabah di BSI KCP Pekalongan Kajen.
Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang menabung dan menggunakan m-banking di BSI KCP Pekalongan Kajen. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling, dengan pengambilan sampelnya dikakukan menurut rumus lemeshow dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan bantuan program SPSS 26.0. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji linearitas, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji F.
Berdasarkan hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan, kualitas produk, kualitas layanan mobile banking berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah di BSI KCP Pekalongan Kajen. Kemudian secara simultan, tingkat kepercayaan, kualitas produk, kualitas layanan mobile banking juga berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di BSI KCP Pekalongan Kajen.
Kata kunci: Tingkat Kepercayaan, Kualitas Produk, Kualitas Layanan M-Banking dan Kepuasan Nasabah
DAFTAR PUSTAKA
Al Arif, M. (2010). Nur Rianto. Dasar–Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.
Antonio, M. S. (2001). Bank Syariah: Dari teori ke praktik. Gema Insani. Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asytuti, R., Anggraini, M. D., & Nasrullah, M. (2013). Pengaruh Kepercayaan, Kepuasan Terhadap Loyalitas Dengan Kepemimpinan Pengurus Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus BMT Bahtera, BTM di Pekalongan dan Kospin Jasa Syariah Cabang Pekalongan). Jurnal Penelitian, 10(2).
Chandra, R. (2015). Peranan Strategi Promosi dalam Upaya Peningkatan Volume Penjualan pada Perusahaan Jasa Perhotelan. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 4(2).
Delvi, O., & Musfiroh, M. F. S. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking Pada BRI Syariah KCP Weleri. Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah, 1(1), 60–70.
Dwinurpitasari, Y. A. (2019). Pengaruh kualitas layanan dan produk mobile banking terhadap kepuasan nasabah pada bri syariah kcp ponorogo. IAIN Ponorogo.
Firdaus. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. Edited by Faza’ur Ravida. Cetakan pe.Riau: DOTPLUS Publisher.
Firdaus, F. (2019). Analisis Kepuasan Nasabah Melalui Keprcayaan Nasabah, Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk (Studi Kasus Pada Kospin Jasa Cabang Weleri). Anindyaguna Ekonobisnis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna, 1(2).
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi 7. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang:Badan Penerbit UNDIP.
Harish, I. N. (2017). Pengaruh Kepercayaan Nasabah dan Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus pada Bank Syariah Mandiri Depok). Skripsi Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Haryanto, H. R. (2020). Manajemen Pemasaran Bank Syariah (A. Wafi, Ed.). Duta Media Publishing.
Herdayanti, E., Handayani, J., Ismawanto, T. (2019). Analisis Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Tabungan Negara (persero) Tbk. Kantor Cabang Syariah Balikpapan. Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Akuntansi Poltekba.
Indonesia, I. B. (2014). Mengelola Kualitas Layanan Perbankan. Gramedia Pustaka Utama.
Jayadi, S., 2022. Pengaruh Kepercayaan Nasabah dan Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Bertransaksi Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Bank Syariah). Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram.
Kamalina., Mihrun. (2018). Perkembangan Internet Banking di Indonesia. Kompasiana.com.
Kholid, F. I., & Soemarso, E. D. (2018). Analisis Pengaruh Keamanan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Nasabah dan Kebermanfaatan Terhadap Minat Menggunakan E-Banking Pada PT Bank BNI Syariah KCP Magelang. Jurnal Sains Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(2), 49–57.
Kholis, N. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Bank Rakyat Indonesia Syariah Di Yogyakarta. Kotler, P., & Keller, K., L. (2009). Manajemen pemasaran. edisi.
Keller, K., & Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran edisi 12 jilid 1. Jakarta: PT.Indeks.
Kottler, P., & Armstrong, G. (2008), Prinsip-prinsip Pemasaran (Jakarta: Erlangga), 272. Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Prinsip-Prinsip Pemasaran edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.
Laucereno, Febrina., S. (2020). Layanan Digital Bank Tumbuh Pesat di tengah Pandemi.Detik Finance.
Listyarti, I. (2018). Pengambilan keputusan investasi investor di pasar modal Indonesia ditinjau dari Teori Reasoned Action. Journal of Business and Banking, 7(2), 237–250.
Mahyarni, M. (t.t.). Theory of reasoned action dan theory of planned behavior (Sebuah Kajian Historis tentang Perilaku). Jurnal El-Riyasah, 4(1), 13–23.
Mastura, Z. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Nasabah terhadap Keputusan Nasabah (Studi pada PT. Bank Aceh Syariah KPO Banda Aceh). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh.
Mawey, T. C., Tumbel, A., & Ogi, I. W. (2018). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank Sulutgo. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).
Megawati, I. (2017). Pengaruh Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Implikasinya terhadap Loyalitas Pelanggan di Green Café & Resto Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship (e-Journal), 11(1).
Muhammad. (2011). Manajemen Bank Syariah. (Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN), hlm 15.
Nagib, B., Abdullah, M. F., & Hakim, R. (2021). Determinan Pengaruh Brand Image, Fitur Layanan, Manfaat, Kemudahan, Dan Resiko Persepsian Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan E-Banking Di Bank Syari’ah XXX. International Journal of Islamic Economics Development and Innovation (IJIEDI), 1(1), 1–9.
Nainggolan, B., & Sinaga, E. M. (2022). Kepercayaan Nasabah PT Asuransi Allianz Life Indonesia di Kota Tebing Tinggi Berbasis Kepuasan Nasabah. PT Inovasi Pratama Internasional.
Nawangasari, S., & Putri, N. D. (2020). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Bni Mobile Banking Melalui Citra Bank Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Matrik, 22(1), 55–63.
Nawangsari, S., & Widiastuti, R. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan dan Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank (Studi Kasus Pada PT Bank DKI–Depok). Sebatik, 22(2), 51–55.
Nelwan, J. Z., Yasa, N. N. K., Sukaatmadja, I. P. G., & Ekawati, N. W. (2021). Layanan Internet Banking dan Mobile Banking di Bank KB Bukopin. Bandung: Media Sains Indonesia.
Nikmatussolihah, A.. (2021), Analisis Pengaruh Sektor Industri dan Upah Minimum Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Di Provinsi Banten Tahun 2016-2019. UIN Sultan Mulana Hasanuddin Banten.
Nugroho, H. (2022). BSI Mobile, Energi Baru Indonesia. https://news.detik.com/kolom/d-6487801/bsi-mobile-energi-baru-indonesia/amp.
Nurfitri, I. (2017). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada Bank Muamalat Indonesia KCP Kuningan). IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Prasastono, N., & Pradapa, S. Y. F. (2012). Kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Kentucky Fried Chicken Semarang Candi. Jurnal Ilmiah Dinamika Kepariwisataan, 11(2).
Prasetio, A. (2012). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Management Analysis Journal, 1(1).
Putro, H. T. L., Thamrin, T., & Samsudin, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Mobile Banking PT. Bank Negara Indonesia TBKDI KCP Buaran Jakarta. JAMBIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 1(2), 48–56.
Randi, S., Mery, T., & Purbo, J. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan dan nilai nasabah terhadap kepuasan nasabah. Universitas Bung Hatta.
Rizqi, R. K. (2017). Analisis Pengawasa Peran Dewan Pengawas Syariah pada Lembaga Keuangan Syariah (study kasus KOSPIN Jasa Syariah cabang Pekalongan). IAIN Pekalongan.
Ronni Arianto, W. (2017). Be A Moslempreneur: Menjadi Pengusaha Muslim yang Sukses dan Berkah (Jakarta: Elex Media Komputindo), 112.
Samsir, N. (2020). Pengaruh Keandalan dan Daya Tanggap Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pengguna Jasa di Mahakarya Photography. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Sangadji, E. M., & Sopiah, S. (2010). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Savitri, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Bank BSI KCP Ratulangi Palopo). Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Setiawan, H. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Nilai dan Kepercayaan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengguna Layanan Mobile Banking. Jurnal keuangan dan perbankan, 20(3), 518–528.
Shafwan, D., Qomariah, N., & Rahayu, J. (2019). The Influence of Quality of Service, Facilities and Location of Customer Satisfaction. ICOGISS, 8(5), 55.
Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran (Malang: UB Press), 76.
Sitinjak, T., Durianto, D., Sugiarto, Yunarto, H., I. (2004). Model Matriks Konsumen untuk Menciptakan Suprior Customer Value (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama),7.
Sofya, N. D., & Heriwibowo, D. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking dan Tingkat Kepercayaan terhadap Kepuasan Nasabah Bank NTB Syariah Cabang Sumbawa.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan, Research and Development untuk bidang: Pendididkan, Manajemen, Sosial, Teknik. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sunyoto, G. (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran (Yogyakarta: CAPS), 205. Suryani, T. (2017). Manajemen Strategik Bank Di Era Global: Menciptakan Nilai Unggul untuk Kepuasan Nasabah (Jakarta: Prenadamedia Group), 165.
Suryani, T. (2017). Perilaku konsumen di era internet: Implikasinya pada strategi pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tjiptono, F. (2011). Pemasaran Jasa. Jawa Timur. Bayumedia Publishing.
Wahyudi, Y., & Sasongko, G. (2019). Dimensi Kepercayaan dalam Usaha Pelepas Uang (Studi Kasus di Kabupaten Semarang). Jurnal Sosial Humaniora (JSH), 12(1), 15–27.
Widana, I. W., & Muliani, N. P. L. (2020). Uji persyaratan analisis. Klik Media.
William, W., & Purba, T. (2020). Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Mazda Di Kota Batam. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(1).
Wulansari, A. D. (2016). Aplikasi Statistika Parametrik dalam Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Felicha.
Zulkarnain, R., Taufik, H. E. R., & Ramdansyah, A. D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pt Bank Syariah Mu’amalah Cilegon). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(01), 87–110.
24SK2442086.00 | SK PBS 24.086 RIS p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain