SKRIPSI PIAUD
Implementasi pendidikan akhlak dalam mengembangkan karakter disiplin anak usia dini di Raudhlotul Athfal Al Utsmani Kajen Pekalongan
Skripsi ini membahas tentang implementasi pendidikan akhlak dalam mengembangkan karakter disiplin anak usia dini di RA AL Utsmani Kajen Pekalongan. Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya fenomena dekadensi moral yang terjadi pada anak usia dini khususnya dizaman sekarang ini. Melalui pengamatan dilapangan terdapat anak didik yang bertingkah laku kurang sopan, tidak menaruh sepatu pada tempatnya, berkata kasar dan rewel. Penyebabnya adalah pengaruh lingkungan yang tidak ramah anak, orang tua yang terlalu sibuk, internet yang mudah diakses melalui telepon genggam, serta kurangnya pengawasan orang tua. Diharapkan dengan pendidikan akhlak ini dapat menjadikan anak didik bertingkah laku dan memiliki kepribadian yang baik. Pendidikan Akhlak sangat penting ditanamkan pada anak sejak dini mungkin, karena masa anak usia dini adalah waktu paling efektif untuk menanamkan moral sebagai cerminan dari tingkah laku manusia dalam kehidupan sehari – hari menuju manusia yang baik dan berbudi pekerti, dalam pendidikan akhlak untuk mengembangkan karakter disiplin terdapat empat ruang lingkup antara lain : Pertama akhlak terhadap Allah, kedua akhlak terhadap kedua orang tua, ketiga akhlak terhadap diri sendiri, keempat, akhlak terhadap sesama manusia. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab masalah : 1). Bagaimana implementasi pendidikan akhlak dalam mengembangkan karakter disiplin anak usia dini di Raudlotul Athfal Al Utsmani. 2). Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pada implementasi pendidikan akhlak dalam mengembangkan karakter disiplin anak usia dini di Raudlotul Athfal Al Utsmani. Manfaat yang bisa diperoleh dari penelitian ini untuk menambah pengetahuan tentang penerapan metode - metode pendidikan akhlak dalam mengembangkan karakter disiplin anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis yang dilakukan secara interaktif yaitu : reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1). Di RA Al Utsmani pendidikan akhlak sangat penting ditanamkan sejak dini, 2) melalui metode pembiasaan yang dilakukan setiap hari dan berulang - ulang, metode nasihat, metode keteladanan, dan metode memberi perhatian. Guru juga mencontohkan bagaimana berperilaku yang baik, berpakaian yang sopan, dilatih untuk mengontrol sosial emosional anak, guru juga selalu memberikan semangat dan dorongan kepada anak didik agar selalu aktif dan mandiri dalam proses pembelajaran, 3) implementasi pendidikan akhlak dalam mengembangkan karakter anak usia dini di RA Al utsmani sudah berjalan dengan baik, dengan berlakunya disiplin waktu, disiplin berpakaian, menjaga kebersihan lingkungan. 4). Sekolah, guru, orang tua dan semua warga sekolah berkomitmen dalam implementasi pendidikan akhlak dalam mengembangkan karakter disiplin anak usia dini. Hasil akhirnya peserta didik secara sadar atau tidak sadar akan meniru dan mengikuti pembiasaan yang telah dicontohkan kepada peserta didik.
24SK2424042.00 | SK PIAUD 24.042 SRI i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain