SKRIPSI PIAUD
Implementasi Pembelajaran Dengan Media Loose Parts Kain Perca Dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Kriya Pada Anak Di Paud Al-Qur’an Azzahra Banyurip Alit Kecamatan Pekalongan Selatan
Pendidikan anak usia dini merupakan pembinaan untuk memberikan pendidikan dalam keberlangsungan perkembangan dan pertumbuhan pendidikan anak usia dini untuk memasuki kesiapan dalam pendidikannya. Pada dasarnya setiap anak memiliki tingkat kreativitasnya sendiri. Oleh sebab itu dengan upaya atau tekad untuk mengembangkan kreativitas anak adalah hal yang diusahakan oleh para guru. Loose Parts masuk kedalam sumber belajar yang anak perlukan dalam bermain dan menciptakan lingkungan yang lebih luas untuk anak bermain. Uniknya pemikiran anak sejak usia dini menciptakan sebuah karya yang mereka dengar dan lihat. Loose part ini membimbing anak dan memfasilitasi anak untuk selalu membuat imajinasi kreatifnya dan mengkonkretkan untuk menjadi sebuah karya seni kriya sehingga anak memiliki ruang kebebasan berekspresi dan berkreasi dengan kemampuannya. Seni kriya yang digunakan pada penelitian ini berasal dari bahan kain perca. Kain perca sendiri merupakan kain yang berasal dari potongan sisa bahan yang sudah tidak digunakan sehingga sangat mudah didapatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran dengan media Loose Parts kain perca dalam mengembangkan kreativitas seni kriya pada anak usia dini dan problematika guru dalam implementasi pembelajaran dengan media loose parts kain perca dalam mengembangkan kreativitas seni kriya pada anak uisa dini serta solusi problematika guru dalam implementasi pembelajaran dengan media loose parts kain perca dalam mengembangkan kreativitas seni kriya pada anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekaataan kualitatif yang bertujuan mendapatkan hasil penelitian yang lebih mendalam dan akurat. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, analisis datanya melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya berbagai upaya implementasi pembelajaran dengan media loose parts kain perca dalam mengembangkan kreativitas seni kriya anak dilakukan melalui beberapa tahapan. Guru juga harus senantiasa melakukan pendampingan kepada anak-anak saat pembelajaran berlangsung. Pengembangan kreativitas anak dalam penerapan media loose parts kain perca dapat menggunakan berbagai macam strategi, diantaranya adalah strategi penciptaan produk, imajinasi, eksplorasi, eksperimen, dan proyek. Berbagai problematika terjadi dalam mengembangkan kreativitas seni kriya anak, berupa tingkah laku anak yang beragam, pemahaman anak, dan ketersedian waktu saat pembelajaran. Ada beberapa solusi yang telah diterapkan dalam mengatasi problematika yang ada, diantaranya adalah mengidentifikasi tingkah laku anak sebelum pembelajaran, meminta dukungan dari orang tua, adanya tahapan lebih detail dan penjelasan yang mendalam, menyiapkan tambahan waktu pada materi dan subnya, serta meminta dinas terkait mengadakan diklat pelatihan.
24SK2424036.00 | SK PIAUD 24.036 RIZ i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain