SKRIPSI PIAUD
Implementasi metode paper Quilling Untuk Memaksimalkan perkembangan motorik halus pada anak di KB Biwara Pelita Desa Gondang Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang
Paper quilling adalah cara untuk merangkai kertas dengan pengulangan dan teknik. Diperlukan kesabaran yang ekstra ketika mengerjakan sebuah pola atau desain paper quilling akan tetapi, sebenarnya paper quilling mudah untuk dibuat dan disusun menjadi suatu hasil karya yang unik. Kemampuan motorik halus adalah kemampuan manipulasi halus (Fine Manipulative Skill) yang melibatkan penggunaan tangan dan jari secara tepat seperti dalam kegiatan menulis dan menggambar. Kemampuan motorik halus fokus pada kemampuan koordinasi tangan dan mata. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi metode paper quilling untuk memaksimalkan perkembangan motorik halus pada anak di KB Biwara Pelita Desa Gondang Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang dan Bagaimanakah faktor pendukung dan penghambat implementasi metode paper quilling untuk memaksimalkan perkembangan motorik halus pada anak di KB Biwara Pelita Desa Gondang Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan jawaban dari rumusan masalah. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini ada dua yakni kegunaan secara teoritis dan kegunaan secara praktis. Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih pemikiran untuk kemajuan dunia pendidikan khususnya pendidikan anak usia dini. Sedangkan secara praktis penelitian ini diharapkan mampu menyumbang kajian keilmuwan bagi peserta didik, guru, sekolah dan peneliti tentang Implementasi Metode Paper Quilling Untuk Memaksimalkan Perkembangan Motorik Halus Pada Anak. Metode Penelitian pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif atau penelitian alami langsung dari lapangan. Peneliti mengambil data dari dua sumber yaitu sumber data primer dan sekunder. Data primer diambil dari Guru KB Biwara Pelita, sedangkan data sekunder diambil dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi metode paper quilling untuk memaksimalkan perkembangan motorik halus pada anak desa gondang kecamatan taman kabupaten pemalang terdapat tiga tahap yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi, sedangkan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode paper quilling untuk memaksimalkan perkembangan motorik halus pada anak desa gondang kecamatan taman kabupaten pemalang. Faktor pendukung ini muncul dari sarana prasarana, dan kemampuan guru. Sedangkan faktor penghambat datang dari keterbatasan media pembelajaran, alat dan bahan yang tidak menarik, alat dan benda tajam, dan peserta didik.
24SK2424034.00 | SK PIAUD 24.034 RIA i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain