SKRIPSI PIAUD
Keefektifan Media PAGAMJA (Papan Gambar dan Abjad) Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B di TK Pertiwi Beji Pemalang
Anak dengan rentang usia 4-6 tahun termasuk ke dalam masa emas anak, dimana pertumbuhan dan perkembangan anak sangat optimal di usia tersebut. Perkembangan anak sendiri mencakup banyak aspek, diantaranya perkembangan kognitif, sosial emosional, nilai agama dan moral, fisik motorik, serta aspek bahasa. Kemapuan berbahasa merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan anak. Kemampuan ini dapat membantu anak dalam berkomunikasi dan beradaptasi dengan baik di lingkungan sekitarnya. Hasil observasi awal di TK Pertiwi Beji kecamatan Taman Kabupaten Pemalang didapat temuan bahwa kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK tersebut masih belum sepenuhnya berkembang. Terdapat beberapa anak yang masih kesusahan dalam melafalkan dan mengenali lambang huruf yang ditunjukkan oleh guru. Hal ini disebabkan karena perbedaan kemampuan membaca dan perkembangan masingmasing anak yang berbeda. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana keefektifan media PAGAMJA (papan gambar dan abjad) terhadap peningkatan kemampuan.membacaapermulaannanak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media PAGAMJA (papan gambar dan abjad) terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen one group pre-test post-test dengan menerapkan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan datanya yaitu observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan media PAGAMJA (papan gambar dan abjad) terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Pertiwi Beji Pemalang. Hal tersebut terbukti dari nilai rata-rata pretest adalah 25,25 dengan nilai terendah 20 dan nilai tertinggi 32. Adapun nilai rata-rata posttest adalah 29,75 dengan nilai terendah adalah 20 dan nilai tertinggi adalah 38. Hasil analisis statistik berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t berpasangan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan hasil t- hitung 7,387 > t- vii tabel 2,024. Adapun berdasarkan hasil uji N-gain score ditemukan bahwa rata-rata skor N-gain ternormalisasi dari kemampuan membaca permulaan adalah 0,25. Nilai tersebut berada pada interval g < 0,3 yang artinya efektivitas media PAGAMJA (papan gambar dan abjad) terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B termasuk kategori kurang efektif. Hasil N-gain kurang efektif karena peningkatan nilai masing-masing anak tidak cukup signifikan meskipun secara klasikal mengalami peningkatan rata-rata cukup tinggi.
24SK2424024.00 | SK PIAUD 24.024 NAF k | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain