SKRIPSI PIAUD
Upaya Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Anak Didik dengan Metode Pemberian Reward di Kelompok A KB Fariz Keputeran Kecamatan Pekalongan Timur Kota Pekalongan
Secara Filosofi Pendidikan adalah suatu upaya untuk membantu memanusiakan manusia, artinya melalui proses pendidikan diharapkan terlahir manusia-manusia yang lebih baik, dalam pengertian yang konkrit anak harus lebih baik dari pada orang tuanya. Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu upaya untuk merangsang berbagai potensi yang dimiliki anak supaya dapat berkembang dengan optimal. Sebagaimana disebutkan dalam UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 yang menyebutkan bahwa pendidikan anak usia dini merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan ruhani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Dari hasil observasi yang dilakukan di KB Fariz Keputran, ditemukan ada beberapa anak yang datang terlambat, penggunaan seragam yang tidak sesuai, ada beberapa anak yang tidak mau baris berbaris sebelum masuk kelas, belum rapi saat baris berbaris sebelum masuk kelas, dan ada beberapa anak yang tidak mau membuang sampah pada tempatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kedisiplinan anak didik dengan metode pemberian reward di kelompok A KB Fariz Keputran Kecamatan Pekalongan Timur Kota Pekalongan, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam meningkatkan kedisiplinan anak didik dengan metode pemberian reward di kelompok A KB Fariz Keputran Kecamatan Pekalongan Timur Kota Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan atau Field Research. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dimana pendekatan kualitatif deskriptif merupakan penelitian yang berusaha memberikan dengan sistematis dan cermat sesuai dengan permasalahan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penggunaan media yang bervariasi, peserta didik di KB Fariz Keputran terpacu untuk menerapkan kedisiplinan yang ada apa indikator sekolah. Oleh karena itu penggunaan media dapat dikatakan sesuai untuk menyampaikan pembelajaran melalui metode pemberian reward. Dan secara garis besar faktor-faktor yang mendukung pengembangan kedisiplinan anak didik adalah pendidik yang sudah sangat maksimal dan konsisten dalam memberikan reward kepada anak didik. Karena pendidiklah kunci utama keberhasilan metode ini. Seperti halnya pada faktor pendukung, faktor penghambat secara garis besar yaitu peserta didik yang tinggal di lingkungan yang orang-orangnya belum secara maksimal menerapkan kedisiplinan pada dirinya dengan kurang baik. Begitupun dengan anak yang terbiasa berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya, mereka akan cenderung mengikuti perilaku dan tingkah laku orang-orang yang ada disekitar tempat tinggalnya,
24SK2424020.00 | SK PIAUD 24.020 SUY u | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain