SKRIPSI PAI
Pembelajaran Ekstrakulikuler Seni Baca Al-Qur'an Dalam Mengembangkan Kualitas Tilawah Siswa Di SMA Negeri 1 Wonotunggal
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca al- Qur’an beberapa siswa yang masih ditahap standar dalam hal lagu. Kemampuan tersebut disebabkan karena kurang bersemangatnya siswa untuk menggunakan lagu atau nagham sehingga lagu yang digunakan masih standar. Selain itu adanya ekstrakurikuler seni baca al-Qur’an di SMA Negeri 1 Wonotunggal ini dapat membuat nilai positif bagi sekolah, karena SMA Negeri 1 Wonotunggal merupakan sekolah satu-satunya yang menyelenggarakan pembelajaran ekstrakurikuler tersebut. Sehingga walaupun dikatakan sebagai sekolah negeri namun daya saing dibidang al-Qur’an tidak rendah. Hal itu dapat meminimalisir kenakalan pada siswa. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Seni Baca Al-Qur’an dalam Mengembangkan Kualitas Tilawah di SMA Negeri 1 Wonotunggal? Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran Seni Baca Al-Qur’an dalam Mengembangkan Kualitas Tilawah di SMA Negeri 1 Wonotunggal? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan wawancara dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah pembina, pelatih, kepala sekolah, waka kesiswaan, dan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni baca al- Qur’an di SMA Negeri 1 Wonotunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksaannya melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada perencanaan di persiapkan segala perangkat dan materi yang akan disampaikan kepada siswa, pada tahap pelaksanaan meliputi pendahuluan yaitu dari salam sampai praktik, dan terakhir yaitu penutup dengan membaca surat al-Fatihah, yang terakhir yaitu tahap evaluasi yaitu siswa ditunjuk satu persatu untuk mempraktikkan maqro’ yang sudah dipelajari, dengan tujuan mengetahui tingkat kemampuan siswa. Adapun faktor yang mendukung yaitu minat dan bakat siswa, kemauan belajar yang tinggi, dukungan orang tua (keluarga), sarana prasarana sekolah, dan juga lingkungan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya niat, kurangnya minat dan bakat, dan kurangnya dukungan dari keluarga.
24SK2421256.00 | SK PAI 24.256 IND p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain