SKRIPSI PAI
Strategi Guru PAI Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Doro Kabupaten Pekalongan
Guru mempunyai peran yang sangat penting dalam usaha penguatan pendidikan karakter peserta didik, begitu pula Guru PAI. Hal itu karena saat ini karakter manusia mengalami kemerosotan moral yang cukup drastis. Dalam melaksanakan perannya guru PAI SMA Negeri 1 Doro Kabupaten Pekalongan mempunyai berbagai strategi dalam penguatan pendidikan karakter. Selain Guru sekolah juga mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat menjadi sebuah wadah atau alat yang esensinya membangun manusia yang baik dan berkarakter. Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti akan memaparkan beberapa masalah yaitu: 1) Bagaimana bentuk pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Doro Kabupaten Pekalongan? 2) Bagaimana strategi guru PAI dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik di SMA Negeri 1 Doro Kabupaten Pekalongan? 3) Bagaimana implikasi dari strategi guru PAI dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik di SMA Negeri 1 Doro Kabupaten Pekalongan? Penelitian ini bertujuan untuk Mengidentifikasi bentuk pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Doro Kabupaten Pekalongan. Mengungkapkan strategi guru PAI dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik di SMA Negeri 1 Doro Kabupaten Pekalongan. Menganalisis implikasi dari strategi guru PAI dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik di SMA Negeri 1 Doro Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini memiliki kegunaan secara teoritis dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif, data dalam penulisannay menggunakan data primer dari SMA Negeri 1 Doro Kabupaten Pekalongan dan data skunder seperti jurnal serta referensi buku. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan tiga tahapan analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data dan Penarikan Kesimpulan. Dari Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru PAI dalam menguatkan pendidikan karakter dilaksanakan dengan menggunakan bebagai macam metode yaitu metote pengajaran, keteladanan, dan pembiasaan. Sekolah juga mengadakan kegiatan dalam menunjang program penguatan pendidikan seperti ekstrakulikuler pramuka, ekstrakulikuler rohis, kajian keputrian, infaq hari jum’at, kantin kejujuran, dan khataman al-qur’an jum’at kliwon. Implikasi strategi guru pai peserta mempunyai karakter yaitu karakter religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong dan Intergritas.
24SK2421252.00 | SK PAI 24.252 FAT s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain