SKRIPSI PAI
Studi Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang
Pendidikan di Indonesia mengalami perubahan yang terus-menerus, termasuk perubahan kurikulum. Perubahan terbaru kurikulum yaitu bergantinya kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka belajar. Karena masih baru, kurikulum merdeka belajar masih belum digunakan oleh semua siswa, hanya untuk kelas-kelas tertentu saja. Namun pada dasarnya, perubahan kurikulum ini dilakukan untuk mengikuti kebutuhan dan perkembangan sumber daya manusia serta menciptakan masyarakat yang cerdas, damai, terbuka, dan demokratis.. Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan proses implementasi kedua kurikulum tersebut di SMA Negeri 1 Comal serta menemukan perbedaan dan persamaan antara keduanya. Dalam konteks ini, fokus penelitian terletak pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. SMA Negeri 1 Comal dipilih sebagai lokasi penelitian karena sekolah ini menerapkan kurikulum merdeka belajar di kelas X dan kurikulum 2013 di kelas XI dan XII, serta memiliki reputasi sebagai sekolah unggulan di Kabupaten Pemalang. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang implementasi kurikulum dan dampaknya terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah tersebut .Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penulisannya menggunakan data primer dari guru PAI dan siswa kelas X serta XI di SMA Negeri 1 Comal. Sementara data sekunder yaitu perangkat pembelajaran seperti prota, promes, silabus, dan RPP. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisisnya dimulai dari reduksi data, kemudian penyajian data, dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum 2013 PAI di SMA Negeri 1 Comal sudah cukup baik. Hal ini bisa dilihat dari kesiapan sekolah dan guru dalam merancang pembelajaran, di mana perangkat pembelajaran yang digunakan guru PAI lengkap dan diterapkan dengan baik. Pembelajaran efektif dengan respon positif dari peserta didik. Evaluasinya menggunakan penilaian formatif, sumatif, dan keaktifan peserta didik di kelas. Sedangkan Implementasi kurikulum merdeka belajar PAI di SMA Negeri 1 Comal juga sudah cukup baik. Guru sudah melengkapi administrasi dengan program tahunan, semester, ATP, dan modul ajar. Pelaksanaan pembelajaran efektif dengan metode inovatif dan variasi. Evaluasinya menggunakan asessmen formatif dan sumatif, dengan penekanan pada kemandirian dan kreativitas peserta didik. Pada dasarnya, implementasi dari kedua kurikulum serupa dalam perangkat pembelajaran dan evaluasi. Perbedaannya terletak pada silabus, RPP, dan penekanan pada keaktifan dan kreativitas siswa. Durasi pembelajarannya juga berbeda, tetapi evaluasinya masih serupa dengan penekanan pada kemandirian dan keaktifan siswa.
24SK2421247.00 | SK PAI 24.247 MOH s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain