SKRIPSI PAI
Proses Pembelajaran PAI Dan Implikasinya Pada Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di SMP N 01 Buaran Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan
Proses Pembelajaran PAI dan Implikasinya Pada Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMP N 01 Buaran Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya proses pembelajaran PAI di SMP N 01 Buaran dalam membentuk kepribadian peserta didik agar memiliki sikap karakter religius. Meski demikian, masih ditemukan peserta didik yang kurang menghayati dan menerapkan nilainilai karakter religius yang sesuai dengan nilai agama yang berlaku. Penelitian ini merupakan jenis field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dan dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini merumuskan tiga rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana proses pembelajaran PAI di SMP N 01 Buaran Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan 2) Bagaimana pembentukan karakter religius peserta didik di SMP N 01 Buaran Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan 3) Bagaimana implikasi pembelajaran PAI pada pembentukan karakter religius peserta didik di SMP N 01 Buaran Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan . Hasil penelitian bahwa keadaan sikap karakter religius peserta didik di SMP N 01 Buaran Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan pada umumnya sudah baik, akan tetapi masih ada beberapa yang perlu pembinaan. proses pembelajaran PAI dibagi menjadi dua tahap yaitu: 1) Pembelajaran di dalam kelas dengan kegiatan pembiasaan membaca do,a, sholawat tibbil qulub, li khomsatun dan surat-surat pendek. Lalu yang kedua ada metode nasihat dan motivasi, dan yang ketiga ada metode cerita pemberian ketiga metode ini agar menjadikan siswa lebih termotivasi menjadi manusia yang berakhlakul karimah. 2) Pembelajaran di luar kelas meliputi metode keteladanan meliputi kegiatan sholat dhuha di jam istirahat pertama, dan sholat dhuhur di jam istirahat kedua. Kegiatan yang diadakan sekolah, melalui kegiatan ektstrakurikuler seperti ROHIS dan BTQ. Sedangkan untuk proses pembentukan karakter religius peserta didik di SMP N 01 Buaran di bagi menjadi tiga tahap yaitu : tahap pengenalan, tahap penyadaran dan tahap pelaksanaan. Dari kedua rumusan masalah tersebut menjadikan adanya implikasi pembelajaran PAI pada pembentukan karakter religius adapun implikasinya antara lain : implikasi terhadap moral dan implikasi terhadap budi pekerti peserta didik.
24SK2421238.00 | SK PAI 24.238 AHM p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain