SKRIPSI PAI
Implementasi Mapel Qur'an Sosial Dalam Pembentukan Karakter Qur'ani Siswa Kelas VIII MTs Azzaky Buaran Kota Pekalongan
Mata pelajaran qur’an sosial ini merupakan bentuk pengintegrasian antara Ilmu-ilmu sosial dengan al-Qur’an, mengintegrasikan al-Qur’an dengan Ilmu pengetahuan dan Ilmu-ilmu sosial pada khususnya akan menghasilkan sumber daya yang handal dalam mengaplikasikan Ilmu yang dimiliki dengan diperkuat oleh spiritualitas yang kokoh dalam menghadapi kehidupan. Integrasi Ilmu pengetahuan dan al-Qur’an merupakan salah satu cara dalam membentuk pelajar yang berkarakter atau memiliki harga diri dan berakhlak mulia. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana Implementasi Mapel Qur’an Sosial Dalam Pembentukan Karakter Qur’ani Siswa Kelas VIII MTs Azzaky Buaran Kota Pekalongan ? (2) Bagaimana Faktor Pendukung Dan Penghambat Dalam Pembentukan Karakter Qur’ani Siswa Kelas VIII MTs Azzaky Buaran Kota Pekalongan ? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk Mengeksplor Implementasi Mapel Qur’an Sosial Dalam Pembentukan Karakter Qur’ani Siswa Kelas VIII MTs Azzaky Buaran Kota Pekalongan (2) Untuk Menemukan Faktor Pendukung Dan Penghambat Dalam Pembentukan Karakter Qur’ani Siswa Kelas VIII MTs Azzaky Buaran Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (filed research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan (conclution drawing). Dari hasil penelitian ini menunjukan (1) Pembelajaran mapel Qur’an Sosial bertujuan agar peserta didik dapat memahami ilmu-ilmu sosial dalam al-Qur’an serta dapat menerapkanya dalam kehidupan sehari-hari, yang mencangkup hablu minannas, minal alam dan minallah, sehingga dapat membentuk karakter Qur’ani peserta didik (2) Faktor pendukung dalam pembentukan karakter peserta didik terdapat tiga faktor yaitu, kebiasaan dari kegiatan madrasah, lingkungan dan pendidik. Sedangkan faktor penghambat dalam pembentukan karakter terdapat dua macam. Pertama, faktor internal meliputi latar belakang peserta didik dan motivasi diri peserta didik dalam belajar. Kedua, faktor eksternal dari metode pembelajaran yang kurang berfariasi dan monoton sehingga peserta didik menjadi bosan dan kurang semangat dalam pembelajaran.
24SK2421221.00 | SK PAI 24.221 SYA i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain