SKRIPSI PAI
Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Tradisi Ro'an Di Pondok Pesantren Al-Utsmani Gejlig Kajen Pekalongan
Pendidikan karakter bisa terbentuk dari pembelajaran di keluarga dan juga di luar keluarga salah satunya adalah melalui program pesantren. Pendidikan pesantren merupakan pendidikan yang kompleks dalam menanamkan pendidikan karakter terutama yang berkaitan dengan keagamaan. Salah satu pendidikan yang di terapkan di pesantren adalah adanya tradisi ro’an. Ro’an adalah salah satu jenis kegiatan yang ada di pesantren yang telah menjadi adat istiadat atau tradisi di pesantren mengenai kebersihan lingkungan, penataan ruang lingkungan hidup yang meliputi sanitasi, halaman, taman dan lain-lain yang ada di lingkungan pesantren, juga hal-hal yang berkaitan dengan kerja bakti kubro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagiamana implementasi pendidikan karakter melalui tradisi roan di pondok Pesantren Al-Ustamni Gejlig Kajen Pekalongan. Penelitian ini disusun berdasarkan penelitian lapangan yakni penelitian yang fokus terhadap subyek penelitian yang berkaitan terhadap fase spesifik dari keseluruhan personalitas, dan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif-analisis, perolehan data berupa hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, catatan lapangan disusun secara langsung di lokasi penelitian dengan menggunakan kata-kata untuk mendeskripsikannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui tradisi ro’an di Pondok Pesantrem Ustmani dengan cara membuat jadwal ro’an dan membentuk kelompok. Dari kelompok tersebut akan di tunjuk seorang santri sebagai coordinator yang bertugas mengawasi dan memantau agar kelompoknya menyelesaikan tugas nya secara bersama-sama. Kemudian faktor pendukung dalam implementasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui tradisi ro’an di Pondok Pesantren Al-Utsmani Komplek Rusunawa adalah kesadaran diri masing-masing santri akan pentingnya kebersihan lingkungan sekitar. Kemudian faktor pendukung lain seperti kepemimpinan yang baik dari pendidik, kurikulum dari Pondok yang terintegritas, kemudian lingkungan santri yang mendukung, serta yang terakhir adalah peran dan dukungan dari orang tua.
24SK2421214.00 | SK PAI 24.214 MEL i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain