SKRIPSI PIAUD
Penerapan Pendidikan Karakter Religius Pada Anak Usia Dini melalui Pembiasaan Nilai-nilai Islami di PAUD Insan Mulia Tanjungsari Kajen Kabupaten Pekalongan
Nilai-nilai pendidikan karakter religius anak usia dini adalah pendidikan yang menanamkan macam-macam nilai karakter yang di tujukan untuk anak usia dini. Macam-macam nilai-nilai pendidikan karakter anak usia dini adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab. Pembiasaan pada peserta didik sangatlah penting, khususnya dalam pembentukan pribadi dan akhlak. Pembiasaan agama akan memasukan unsur-unsur positif pada perkembangan peserta didik. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendidikan karakter religius pada anak usia dini melalui pembiasaan nilai-nilai Islami di PAUD Insan Mulia Tanjungsari Kajen serta apa saja faktor pendukung dan penghambat Penerapan Pendidikan Karakter Religius pada Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Nilai-Nilai Islami di PAUD Insan Mulia Tanjungsari Kajen. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter religius pada anak usia dini melalui pembiasaan nilai-nilai Islami di PAUD Insan Mulia Tanjungsari Kajen Kabupaten Pekalongan serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan pendidikan karakter religius pada anak usia dini melalui pembiasaan nilai-nilai Islami di PAUD Insan MuliaTanjungsari kajen Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dimana peneliti berangkat ke lapangan secara langsung dengan mengunakan pendekatan kualitatif yang menekankan pada data deskripsi dalam bentuk kata-kata dan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. kemudian teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, penerapan pendidikan karakter religius pada anak usia dini melalui pembiasaan nilai-nilai Islami di PAUD Insan Mulia Tanjungsari Kajen Kabupaten Pekalongan memuat tiga nilai yaitu nilai akidah,ibadahdanakhlakyangmanadidalamnyamencakupempatpembiasaaan nilai Islami dalam penerapan pendidikan karakter religius pada anak yaitu pembiasaan kegiatan shalat dhuha berjamaah, pembiasaan membacakalimat toyyibah, pembiasaan untuk berinfak serta pembiasaan hidup sehat. Faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan pendidikan karakter religius pada anak usia dini melalui pembiasaan nilai-nilai Islami di PAUD Insan Mulia Tanjungsari Kajen Kabupaten Pekalongan, yaitu Faktor pendukung meliputi, motivasi diri atau kemauan diri anak, dukungan dan pengawasan orang tua, fasilitas dan sarana prasarana yang memadai. Faktor penghambat meliputi, latar belakang siswa yang berbeda-beda dan lingkungan pergaulan yang buruk.
24SK2424016.00 | SK PIAUD 24.016 SOL p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain