SKRIPSI PAI
Strategi Guru PAI Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa Kelas 8 Di SMP Negeri 6 Taman Pemalang
Permasalahan yang dibahas pada skripsi ini yaitu mengenai siswa kelas 8 di SMP Negeri 6 Taman Pemalang yang minim dengan karakter baik dan sangat memprihatinkan, terutama dalam pergaulannya, seperti bertutur kata yang kurang sopan kepada teman sebayanya, membolos pada jam kegiatan belajar mengajar, masih banyak siswa yang nongkrong di luar sekolah dan kesadaran siswa akan ilmu agama juga masih sangat kurang. Selain karena jiwa mereka yang masih labil, mayoritas dari mereka berlatar belakang dari keluarga yang bertempat tinggal di daerah pesisir pantai sehingga tidak terlalu memperhatikan mengenai karakter anak-anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan model pendidikan karakter siswa kelas 8 di SMP Negeri 6 Taman Pemalang, menjelaskan strategi guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter siswa kelas 8 di SMP Negeri 6 Taman Pemalang dan menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat dari penanaman nilai-nilai pendidikan karakter siswa kelas 8 oleh guru PAI di SMP Negeri 6 Taman Pemalang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan menerapkan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya melalui tiga tahap yaitu kondensasi data, proses penyajian data, dan proses menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter siswa kelas 8 di SMP Negeri 6 Taman Pemalang menggunakan beberapa model yaitu melalui kegiatan pembiasaan, guru PAI menjadi model dan teladan, guru PAI sebagai pembimbing, guru PAI sebagai motivator, pemberian Punishment/hukuman. Adapun faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter siswa yaitu guru yang dapat dijadikan teladan, didikan orang tua di rumah, fasilitas sekolah, kegiatan rutinan dan ekstrakurikuler sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kompetensi guru, kurangnya didikan orang tua, faktor lingkungan dan pergaulan.
24SK2421211.00 | SK PAI 24.211 FIN s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain