SKRIPSI PAI
Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Ketergantungan Aplikasi Tiktok Pada Peserta Didik Kelas IX Di SMP Negeri 1 Siwalan Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini dilatar belakangi karena peserta didik kelas IX di SMP Negeri 1 Siwalan Kabupaten Pekalongan terlihat adanya ketergantungan apliaksi TikTok terhadap perilaku peserta didik di lingkungan sekolah. Dengan ini harus adanya bimbingan dan arahan dari peran guru, terkhususnya peran guru Pendidikan Agama Islam untuk mencegah adanya ketergantungan aplikasi TikTok. Oleh karena itu guru mempunyai tanggung jawab yang besar untuk memberikan bimbingan ilmu keagamaan agar tidak terobsesi dengan perkembangan media teknologi pada zaman ini. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mencegah ketergantungan aplikasi TikTok dan untuk mengetahui faktor penghambat dalam mencegah ketergantungan yang disebabkan aplikasi TikTok. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mencegah aplikasi TikTok pada peserta didik di SMP Negeri 1 Siwalan Kabupaten Pekalongan; Apa faktor penghambat peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mencegah ketergantungan dari aplikasi TikTok di SMP Negeri 1 Siwalan Kabupaten Pekalongan. Peneliti ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan pendekatan kualitatif dengan mengambil latar tempat di SMP Negeri 1 Siwalan kabupaten Pekalongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini bahwa peran guru Pedidikan Agama Islam dalam mencegah ketergantungan aplikasi TikTok pada peserta didik kelas IX di SMP Negeri 1 Siwalan Kabupaten Pekalongan yaitu membimbing peserta didik kelas IX agar dapat mengetahui dampak negatif dari pengaruh perkembangan teknologi, dalam hal ini yaitu penggunaan aplikasi TikTok. Sehingga peserta didik memiliki wawasan tentang baik dan buruknya penggunaan Aplikasi TikTok. Faktor penghambat yang dihadapi guru Pedidikan Agama Islam dalam mencegah ketergantungan aplikasi TikTok pada peserta didik kelas IX di SMP Negeri 1 Siwalan Kabupaten Pekalongan yaitu pengaruh dari lingkungan sekitar dan kurang dukungan orang tua peserta didik SMP Negeri 1 Siwalan.
24SK2421204.00 | SK PAI 24.204 AZI p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain