SKRIPSI PIAUD
Efektivitas Media Loose Parts Terhadap Pengetahuan Dasar Matematika Pada Anak Usia Dini di TK ABA Binagriya Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak yang belum mengenal angka dan bilangan sehingga mengakibatkan rendahnya pengetahuan dasar matematika. Belum adanya penggunaan medi loose parts dalam pembelajaran membuat anak mudah lupa atau bahkan tidak memahami metode yang dilakukan sehingga mengakibatkan rasa cepat bosan dan akhirnya pengetahuan dasar matematika menurn. Oleh karena itu, peneliti menggunakan media loose parts untuk mengatasi hal tersebut.
Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengetahuan dasar matematika sebelum diberi perlakuan media loose parts pada anak usia dini di TK ABA Binagriya Pekalongan (2) Bagaimana pengetahuan dasar matematika sesudah diberi perlakuan media loose parts pada anak usia dini di TK ABA Binagriya Pekalongan (3) Apakah terdapat perbedaan pengetahuan dasar matematika sebelum dan sesudah diberi perlakuan media loose parts pada anak usia dini di TK ABA Binagriya Pekalongan?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengetahuan dasar matematika pada anak usia dini sebelum dan sesudah menggunakan media loose parts serta mengetahui perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan media loose parts terhadap pengetahuan dasar matematika di TK ABA Binagriya Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan jumlah responden 30 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, tes dan dokumentasi. Tes tertulis yang digunakan dalam penelitian ini berupa pre-test dan post-test untuk mengetahui nilai rata-rata sebelum dan sesudah diberi perlakuan media loose parts. Rata-rata nilai tersebut digunakan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan pada pengetahuan dasar matematika pada anak usia dini dari penggunaan media loose parts menggunakan uji t-test Two Sample Assuming Equal Variances
Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengetahuan dasar matematika pada anak usia dini sebelum dan sesudah penggunaan media loose parts di TK ABA Binagriya Pekalongan memiliki perbedaan. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t menggunakan t-test Two Sample Assuming Equal Variances yang ada dalam Microsoft Excel pada tabel 4.9 diperoleh nilai P(T
24SK2424011.00 | SK PIAUD 24.011 NUR e | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain