SKRIPSI PIAUD
Pemanfaatan Media Pembelajaran Kertas Bekas Untuk Menumbuhkan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Muslimat NU Kajen
Penelitian ini dilatar belakangi dengan banyak limbah kertas yang ditemukan pada lingkungan sekitar yang dekat dengan pasar, pertokoan, dan percetakan sehingga membuat peneliti tertarik untuk memanfaatkan kertas bekas menjadi media pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi peneliti bahwa TK Muslimat NU Kajen sudah memanfaatkan kertas bekas menjadi media pembelajaran yaitu koran bekas yang dijadikan bola dengan teknik diremas kemudian dihitung bersama, dalam hal pemanfaatan kertas bekas tidak hanya dijadikan satu media saja, tetapi dapat dijadikan beberapa media pembelajaran dapat menumbuhkan kreativitas anak.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti akan memaparkan beberapa masalah diantaranya yaitu: Bagaimana Pemanfaatan Media Kertas Bekas Dalam Pembelajaran Untuk Menumbuhkan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Muslimat NU Kajen? Apa faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan media kertas bekas dalam pembelajaran untuk menumbuhkan kreativitas anak usia dini di TK Muslimat NU Kajen?. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah agar pembaca mengetahui pemanfaatan kertas bekas serta adanya faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan kertas bekas tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fieldresearch) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data didalamya menggunakan data primer dari TK Muslimat NU Kajen dan data sekunder seperti jurnal dan referensi buku. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, untuk analisis data dimulai dari reduksi data kemudian penyajian data dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan serta verifikasi.
Hasil dari penelitin ini menunjukan bahwa anak usia dini pada TK Muslimat NU Kajen dapat memanfaatkan media pembelajaran kertas bekas untuk menumbuhkan kreativitas anak, hal ini ditunjukan pada hasil dari proses pembelajaran anak, yaitu kreativitas membuat handphone, radio dan topi petani menggunakan kertas bekas. Adapun faktor yang mendukung adalah minat belajar anak, dukungan dan bimbingan orangtua serta kreativitas guru. Faktor penghambatnya yaitu konsentrasi anak, sarana dan prasarana, dan kondisi lingkungan.
24SK2424009.00 | SK PIAUD 24.009 RIF p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain