SKRIPSI PIAUD
Penanaman Perilaku Disiplin Santri AUD Di Pondok Pesantren Anak-anak Al Ghozaly Proto Kedungwuni Pekalongan
Disiplin merupakan usaha dalam mengembangkan salah satu karakter yang dimiliki seorang anak agar bisa bertanggung jawab. Disiplin menjadikan anak lebih terarah, inilah yang menyebabkan pentingnya dalam menanamkan perilaku disiplin agar anak dapat mengatur pola hidupnya. Pondok pesantren anak-anak Al Ghozaly merupakan salah satu pondok yang menerapkan kedisiplinan kepada santrinya, pondok pesantren ini memiliki peraturan-peraturan yang harus ditaati oleh semua santri. Semua santri dilatih untuk bisa disiplin terhadap waktu, disiplin terhadap aturan dan disiplin terhadap sikap tanggung jawab.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana bentuk perilaku disiplin santri AUD di Pondok Pesantren Anak-anak Al Ghozaly Proto Kedungwuni Pekalongan, 2. Bagaimana metode penanaman perilaku disiplin santri AUD di Pondok Pesantren Anak-anak Al Ghozaly Proto Kedungwuni Pekalongan, 3. Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan perilaku disiplin santri AUD di Pondok Pesantren Anak-anak Al Ghozaly Proto Kedungwuni Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui bentuk perilaku disiplin santri AUD di Pondok Pesantren Anak-anak Al Ghozaly Proto Kedungwuni Pekalongan, 2. Untuk mengetahui bagaimana metode penanaman perilaku disiplin santri AUD di Pondok Pesantren Anak-anak Al Ghozaly Proto Kedungwuni Pekalongan, 3. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan perilaku disiplin santri AUD di Pondok Pesantren Anak-anak Al Ghozaly Proto Kedungwuni Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penggunaan pendekatan kualitatif digunakan untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang perilaku disiplin santri AUD di Pondok Pesantren Anak-anak Al Ghozaly Proto Kedungwuni Pekalongan. Kemudian, hasil penelitian dideskripsikan serta pemahaman dalam bentuk ungkapan bahasa yang tepat berdasarkan fakta-fakta yang ada dalam penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman perilaku disiplin santri AUD di pondok pesantren Anak-anak Al Ghozaly dapat terlaksana dengan optimal. Sehingga memunculkan bentuk perilaku disiplin santri AUD seperti disiplin terhadap waktu, disiplin terhadap aturan, disiplin terhadap sikap tanggung jawab.dari ketiga bentuk perilaku disiplin tersebut anak-anak sudah menjalankannya dengan baik. terdapat cara pengasuh dalam penanaman perilaku disiplin santri AUD yaitu dengan pembiasaan, contoh tauladan, motivasi dan nasihat, memberikan pengawasan, hukuman/punishment. faktor pendukungnya diantaranya adalah adanya lembaga pondok yang memadai, jumlah santri yang sedikit sehingga dalam proses penanaman perilaku disiplin santri AUD berjalan dengan baik. terdapat tempat pendidikan yang memudahkan untuk pengawasan langsung. adapun faktor penghambatnya yaitu anak yang masih belum paham kewajibannya, faktor lingkungan keluarga dan faktor lingkungan pondok.
24SK2424005.00 | SK PIAUD 24.005 NUR p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain