SKRIPSI PIAUD
Implementasi Media Alat Permainan Edukatif Transportasi Angka Dalam Pembelajaran Kemampuan Penjumlahan Pada Anak Kelompok B Di TK ABA Desa Nyamok Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan
Media Alat Transportasi Angka merupakan Alat Permainan Edukatif (APE) yang dirancang khusus untuk mengembangkan konsep penjumlahan pada anak usia dini. Alat Permainan Edukatif (APE) Transportasi Angka ini terbuat dari triplek dan kertas karton tebal dan berbentuk segi empat datar yang mana isinya berupa permainan yang berbentuk transportasi dan didalamnya itu terdapat suatu angka. Dalam angka tersebut terdapat beberapa soal dan anak didik mendapat suatu tantangan untuk mengenal angka dan juga melakukan pengoperasian bilangan seperti penambahan ataupun pengurangan. Implementasi penggunaan alat permainan ini dilatar belakangi adanya anak didik yang sebagian masih kurang memahami dalam konsep bilangan dan jumlahnya. Hal ini ditunjukkan dari beberapa siswa yang sebagian belum berkembang dalam konsep penjumlahan angka, anak dikatakan sebagian belum mampu mengetahui nama bilangan yang ada. Rumusan masalah dalam penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui bagaimana implementasi media alat transportasi angka dalam mengembangkan konsep penjumlahan pada anak kelompok B di TK Aba Nyamok Kajen, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari implementasi media alat transportasi angka dalam mengembangkan konsep penjumlahan pada anak kelompok B di TK Aba Nyamok Kajen. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini berupaya untuk memahami dan menafsirkan suatu fenomena yang terjadi dari sudut pandang penulis dan bertujuan untuk memperoleh pemahaman secara lebih jelas dan rinci mengenai suatu fenomena ataupun kejadian yang kemudian dideskripsikan dalam bentuk narasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam implementasi media alat transportasi angka dalam mengembangkan konsep penjumlahan pada anak kelompok B di TK Aba Desa Nyamok Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan sudah bagus, hal ini terbukti dari hasil analisis yang menyatakan bahwa kemampuan anak dalam penjumlahan menggunakan media alat transportasi angka ini sangat meningkat, anak-anak sangat antusias tertarik dan senang dengan media tersebut. Anak-anak juga sudah bisa melakukannya sendiri tanpa belajar penjumlahan secara abstrak. Media ini dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah guru buat pada setiap harinya.
24SK2424001.00 | SK PIAUD 24.001 SAF i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain