SKRIPSI PBA
Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Siswa Kelas III C SDIT Permata Hati Batang
Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan guru dalam memanfaatkan media atau metode yang bisa menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan sehingga dapat menarik minat dan membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran, baik secara mandiri maupun kelompok. Bagaimana seorang guru bisa menciptakan proses kegiatan belajar mengajar yang bisa membuat siswa merasa nyaman dan menyukai mata pelajaran bahasa Arab. Untuk mensiasati hal ini, maka seorang guru harus mempunyai metode khusus dalam pembelajaran yang memungkinkan metode itu menarik dalam proses penyampaian materi pelajaran bahasa Arab. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana Implementasi Metode Bernyanyi dalam pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab siswa kelas III C SDIT Permata Hati Batang, apa problematika pembelajaran mufrodat bahasa Arab siswa kelas III C SDIT Permata Hati Batang menggunakan Metode Bernyanyi, tujuannya adalah untuk mengetahui Implementasi Metode Bernyanyi dalam pembelajaran mufrodat bahasa Arab siswa kelas III C SDIT Permata Hati Batang dan untuk mengetahui problematika pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab siswa kelas III C SDIT Permata Hati Batang menggunakan Metode Bernyanyi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, serta dokumentasi dengan teknik analisis data yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan implementasi metode bernyanyi dalam pembelajaran mufrodat bahasa Arab meliputi tahapan perencanaan pembelajaran,kemudian tahap pelaksanaan pembelajaran mufrodat bahasa Arab. Problematika pembelajaran mufrodat bahasa Arab siswa kelas III C SDIT Permata Hati Batang dalam menggunakan metode bernyanyi yaitu terdapat beberapa siswa belum bisa membaca dan menulis tulisan berbahasa Arab, dan secara psikologi mereka terasa kaku dalam masa transisi sekolah dari taman kanak-kanak menuju masa Sekolah Dasar, yang kita ketahui bersama bahwa sistem pembelajaran di Taman Kanak-Kanak banyak menggunakan nyanyian. Pembelajaran alangkah lebih baiknya dilakukan dengan suasana gembira dan menyenangkan.
24SK2422008.00 | SK PBA 24.008 IAN i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain