SKRIPSI PBA
Analisis Kesulitan Membaca Teks Bahasa Arab Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pamutih Kabupaten Pemalang
Membaca merupakan salah satu materi terpenting dalam mencapai sebuah tujuan pembelajaran. Namun kegiatan membaca yang dilamai oleh peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Pamutih kurang baik, peserta didik mengalami kesulitan dalam membaca teks bahasa Arab, dengan adanya hal tersebut maka peneliti mencoba menganalisis mengenai kesulitan membaca teks yang dialami oleh peserta didik. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1. Bagaimana kegiatan pembelajaran bahasa Arab keterampilan membaca teks bahasa Arab peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pamutih? 2. Bagaimana bentuk-bentuk kesulitan membaca teks bahasa Arab peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaaiyah Muhammadiyah Pamutih ? 3. Bagaimana faktor-faktor penyebab kesulitan membaca teks bahasa Arab peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Pamutih ? 4. Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca teks bahasa Arab peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Pamutih ? Jenis penelitian ini adalah studi lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer yaitu: Guru pengampu mata pelajaran Bahasa Arab, peserta didik kelas V A dan B Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pamutih. Sedangkan sumber data sekunder yaitu kepala sekolah, dokumentasi, buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian. Peneliti menggunakan teknik analisis data dengan teorianalisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Kegiatan pembelajaran bahasa arab keterampilan membaca teks bahasa Arab kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pamutih kurang baik 2. Bentuk-bentuk kesulitan yang terjadi kepada kelas V Madrasah Ibtidaiyah Pamutih dari segi linguistik yaitu: a) peserta didik mengalami kesulitan dalam membaca huruf hijaiyah, b) peserta didik kesulitan dalam membaca kosa kata bahasa Arab, c) peserta didik mengalami kelambatan dalam membaca teks bahasa Arab. Dari segi non linguistik yaitu: a) kurangnya minat membaca peserta didik. 3. Faktor-faktor kesulitan membaca teks bahasa Arab yang terjadi kepada kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pamutih yaitu: a) faktor internal meliputi ranah kognitif seperti pada kegiatan menghafal serta membaca teks bahasa Arab, ranah efektif seperti minat membaca teks bahasa Arab, serta ranah psikomotorik seperti tanggapan peserta didik setelah kegiatan pembelajaran bahasa Arab, b) faktor eksternal meliputi faktor orang tua, faktor lingkungan, serta faktor sekolah. 4. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca teks bahasa Arab peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Pamutih yaitu: a) memberikan bimbingan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan membaca huruf hijaiyah, b) memberikan bimbingan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan dalam membaca kosa kata bahasa Arab, c) memberikan bimbingan kepada peserta didik dalam mengatasi kelambatan membaca teks bahasa Arab, d) memberikan motivasi kepada peserta didik yang memiliki minat baca rendah.
24SK2422005.00 | SK PBA 24.005 SIN a | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain