SKRIPSI PBA
Upaya Guru Bahasa Arab Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII di MTs Ma'arif Karanganyar Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh, tidak sedikit peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami dan mempelajari bahasa Arab. Hal ini menjadi tugas seorang guru untuk meningkatkan profesionalitas dan kreatifitas dalam pembelajaran bahasa Arab. Di MTs Ma’arif Karanganyar Kabupaten Pekalongan peserta didik kelas VII masih banyak yang belum bisa membaca teks bahasa Arab, dari hasil observasi dan wawancara inilah peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana upaya guru bahasa arab dalam mengembangkan kemampuan membaca teks bahasa Arab peserta didik kelas VII di MTs Ma’arif Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti akan memaparkan beberapa masalah yaitu: Bagaimana upaya guru bahasa Arab dalam mengembangkan kemampuan membaca teks bahasa arab peserta didik kelas VII di MTs Ma’arif Karanganyar? Apa saja faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca teks bahasa Arab peserta didik kelas VII di MTs Ma’arif Karanganyar? Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menganalisis upaya guru bahasa Arab dalam memgembangkan kemampuan membaca teks bahasa arab peserta didik kelas VII di MTs Ma’arif Karanganyar. Dan mendeskripsikan Mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca teks bahasa Arab peserta didik kelas VII di MTs Ma’arif Karanganyar. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatakan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan teknik analisis data dimulai dari reduksi data, kemudian penyajian data dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya upaya yang guru bahasa Arab lakukan dalam mengembangkan kemampuan membaca teks bahasa Arab peserta didik kelas VII sudah cukup baik. Berikut upaya yang dilakukan oleh guru bahasa Arab mengembangkan kemampuan membaca teks bahasa Arab peserta didik kelas VII, guru melakukan pendekatan kepada peserta didik yang masih belum lancar membaca teks bahasa Arab, pada proses pembelajaran diperbanyak menggunakan metode drill, menggunakan berbagai variasi media, meningkatkana motivasi peserta didik dalam belajar bahasa arab, melakukan pembiasaan pembacaan Al-Qur’an dan doa-doa sebelum memulai pembelajaran.
24SK2422003.00 | SK PBA 24.003 RAF u | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain