SKRIPSI PAI
Upaya Pembentukan Karakter Ikhlas Melalui Pendidikan Khidmah Santri Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-Ien Bojong Pekalongan
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pandangan peneliti bahwa salah satu faktor keberhasilan sebuah pendidikan adalah rasa ikhlas yang tertanam dalam setiap pribadi pendidik di dalam melaksanakan atau memberikan pendidikan pada para siswa. Karena dengan didasari rasa ikhlas, pendidik akan memberikan pendidikan kepada para siswa dengan sepenuh hati dan melaksanakannya secara maksimal. Tentu rasa atau karakter ikhlas tidak terbentuk secara murni, namun perlu adanya pembentukan. Dan salah satu upaya pembentukannya adalah melalui khidmah di pondok pesantren. Pendidikan khidmah santri di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan ini merupakan pendidikan akhir setelah mahasantri menyelesaikan masa kuliah di kampus. Pada masa pendidikan khidmah ini para santri diminta untuk mengurus pondok dalam segala bidang. Pendidikan ini berlangsung selama satu tahun dan diikuti oleh santri senior yang sudah selesai kuliah. Para santri tidak diberi imbalan apa pun dalam melaksanakan khidmahnya. Hanya berbekal keyakinan bahwa dengan mengikuti pendidikan khidmah ini para santri kelak akan mendapatkan keberkahan atas ilmu yang telah mereka pelajari di pondok. Pendidikan khidmah ini lah yang dinilai oleh peneliti mampu membentuk karakter ikhlas pada diri santri yang nantinya akan menjadi seorang pendidik. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana upaya pembentukan karakter ikhlas melalui pendidikan khidmah santri di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien? dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter ikhlas melalui pendidikan khidmah santri di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan wawancara dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah pengasuh pondok pesantren, para santri khidmah, dan ketua pengurus pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan khidmah santri di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan ini mampu membentuk karakter ikhlas pada diri santri karena para santri berkhidmah tanpa pamrih sebagaimana khidmah di pondok pesantren pada umumnya. Terdapat dua poin penting yang mendasari pelaksanaan pendidikan khidmah di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan ini, yaitu tujuan dan manfaat. Tujuannya adalah: ikhlas dalam berbuat kebaikan, mendapatkan keberkahan ilmu, mematri ilmu. Manfaatnya adalah: meningkatkan soft skill, hidup lebih tertata, berbagai manfaat di bidang pendidikan. Adapun faktor pendukungnya ada dua macam, yaitu faktor pendukung internal dan eksternal. Faktor pendukung internalnya adalah: mampu memahami arti khidmah, meyakini kebaikan yang dilakukan bernilai sedekah, ada timbal balik yang akan dirasakan, motivasi dari diri sendiri. Faktor pendukung eksternalnya adalah: lingkungan yang mendukung, dan dukungan dari orang tua dan teman. Adapun faktor penghambatnya juga ada dua macam, yaitu faktor penghambat internal dan eksternal. Faktor penghambat internalnya adalah: keyakinan setelah wisuda mondoknya sudah selesai, rasa malas, waktu kegiatan khidmah terbagi dengan kuliah, ingin cepat menikah, dan melanjutkan S2. Faktor penghambat eksternalnya adalah: ekonomi, dan diminta pulang oleh orang tua.
24SK2421195.00 | SK PAI 24.195 DWI u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain