SKRIPSI PAI
Strategi Guru PAI Dalam Menumbuhkan Sikap Moderat Beragama Pada Siswa Di SMK Ma'arif Nu Kajen Kabupatenn
Beragamnya agama di Indonesia, menjadi modal kekayaan budaya dan memberikan keuntungan bagi bangsa Indonesia karena dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi yang sangat besar dalam proses terciptanya demokrasi di Indonesia. Pada kenyataannya yang telah terjadi dalam agama Islam, terdapat berbagai aliran atau organisasi masyarakat, sehingga menimbulkan berbagai persoalan hingga pertikaian dalam perbedaan pandangan mengenai suatu hukum terutama dalam hal beribadah. Kondisi seperti ini sering terjadi dan dialami tidak hanya masyarakat saja namun dapat terjadi di lingkungan sekolah pada siswa dalam sebuah lembaga pendidikan. Sehingga pentingnya peran guru dalam menyusun strategi dalam menengahi persoalan tersebut. Dari alasan tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang strategi guru PAI dalam menumbuhkan sikap moderat beragama pada siswa di SMK Ma’arif NU Kajen Kabupaten Pekalongan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini: sikap bagaimana moderat beragama siswa di SMK Ma’arif NU Kajen Kabupaten Pekalongan, bagaimana strategi guru PAI dalam menumbuhkan sikap moderat beragama siswa di SMK Ma’arif NU Kajen Kabupaten Pekalongan, bagaimana implikasi strategi guru PAI dalam menumbuhkan sikap moderat beragama pada siswa di SMK Ma’arif NU Kajen Kabupaten Pekalongan. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui sikap moderat siswa di SMK Ma’arif NU Kajen Kabupaten Pekalongan, untuk mengetahui strategi guru PAI dalam menumbuhkan sikap moderat beragama siswa di SMK Ma’arif NU Kajen Kabupaten Pekalongan, untuk mengetahui implikasi strategi guru PAI dalam menumbuhkan sikap moderat pada siswa di SMK Ma’arif NU Kajen Kabupaten Pekalongan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah, guru pengampu mata pelajaran PAI di SMK Ma’arif NU Kajen, beberapa siswa di SMK Ma’arif NU Kajen Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Sikap moderat beragama siswa di SMK Ma’arif NU Kajen Kabupaten Pekalongan diantaranya: saling toleransi dalam menghadapi perbedaan organisasi masyarakat, saling menghargai perbedaan pendapat, tidak memandang rendah organisasi masyarakat lain dan tidak mengekpresikan keyakinan secara berlebihan. 2) Strategi guru PAI dalam menumbuhkan sikap moderat beragama pada siswa di SMK Ma’arif NU Kajen diantaranya: mengajak siswa untuk menambah literasi mengenai pemahaman agama Islam yang utuh dan menyeluruh, mengajak anak untuk menganalisa dan mengupdate kasus-kasus intoleran terkini, memberikan bimbingan dan pendampingan kepada siswa untuk terus menumbuhkan sikap toleransi siswa, mengajarkan pada siswa agar selalu terbuka dan menerima pendapat orang lain yang berbeda, strategi keteladanan, menerapkan sifat kejujuran siswa dengan pihak sekolah, dan memberikan pemahaman kepada siswa untuk tidak memaksakan kehendak orang lain. 3) Implikasi strategi guru PAI dalam menumbuhkan sikap moderat pada siswa di SMK Ma’arif NU Kajen Kabupaten Pekalongan diantaranya: guru dapat menjadi contoh bagi siswa, bertambahnya wawasan siswa, siswa tidak mudah menyalahkan ajaran lain, siswa lebih menghargai perbedaan, siswa lebih mandiri dalam melakukan pembiasaan keagamaan, siswa lebih santun, ramah dan tidak radikal dan siswa lebih bijak dalam menyikapi perbedaan penetapan Hari Raya Islam.
24SK2421191.00 | SK PAI 24.191 RIY s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain