SKRIPSI PAI
Pembelajaran Membaca Huruf Hijaiyyah Menggunakan Kitab Qiroati Dengan Metode Drill Di TPQ Aisyiyah 02 Purwoharjo Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya permasalahan terkait humanity value khususnya pada nilai toleransi, jujur dan peduli di lingkungan sekolah, mulai dari peserta didik yang mencontek, berbohong agar tidak masuk sekolah, alasan tidak mengerjakan PR, alasan datang terlambat dan sebagainya. Ketidakjujuran juga muncul dari pihak guru, yaitu adanya oknum guru yang membocorkan soal ujian nasional dan semacamnya. Permasalahan tersebut juga sering terjadi SMK Negeri 4 Pekalongan seperti sering terjadinya debat kusir, bullying, tawuran, kurangnya kejujuran dalam mengerjakan ujian, kurangnya sopan santun terhadap guru, banyak peserta didik yang melanggar aturan sekolah, kurangnya kepedulian antar sesama dan sebagainya. Bardasarkan latar belakang tersebut, maka peneliti akan memaparkan beberapa masalah yaitu: Bagaimana implementasi teknik confrontation dalam membangun humanity value (toleransi, jujur, peduli) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 4 Pekalongan? Serta pa saja dampak dari implementasi teknik confrontation dalam membangun humanity value (toleransi, jujur, peduli) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 4 Pekalongan? Tujuan penelitian ini dilakukan agar pembaca mengetahui terkait implementasi teknik confrontation dalam membangun humanity value (toleransi, jujur, peduli), serta dampaknya pada mata pelajaran Pendidkan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif-analisis. Adapun untuk sumber data primernya yakni guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, serta para peserta didik kelas XI jurusan Teknik Agribisnis Perikanan Air Tawar, sedangkan untuk sumber data sekundernya terdiri dari guru BK, serta buku, skripsi, maupun artikel jurnal yang relevan. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, serta dokumentas. Adapun teknik analisis datanya melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menyimpulakn bahwa implementasi teknik confrontation dalam membangun humanity value (toleransi. jujur, peduli) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki tiga tahapan, yakni tahap perencanaan yang meliputi guru menentukan tujuan pembelajaran, menyiapkan modul ajar dan sekenario pembelajaran, membuat aturan/kesepakatan kelas, menyiapkan media pembelajaran. Kemudian pada tahap pelaksanaan Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, manfaat implementasi teknik konfrontasi dalam pembelajaran, serta aturan/kesepakatan kelas. Pembelajaran dikombinasikan dengan metode diskusi, pemberian tantangan, penugasan dan praktik pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Pada tahap evaluasi guru mengadakan penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik, serta mengadakan wawancara sederhana untuk mengetahui tanggapan dan perspektif peserta didik mengenai implementasi teknik confrontation pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dampak implementasi teknik confrontation dalam membangun humanity value (toleransi, jujur, peduli) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu: peserta didik belajar cara menyampaikan pendapat dengan argumen yang jelas dan logis; memperluas pandangan peserta didik tentang berbagai interpretasi dan praktik dalam agama Islam sehingga peserta didik terbiasa untuk bersikap toleran; membentuk etika diskusi yang inklusif; serta membantu mengembangkan keterampilan komunikasi yang menekankan pada kejujuran, mendukung pertumbuhan kepedulian terhadap sudut pandang yang berbeda.
24SK2421187.00 | SK PAI 24.187 DIT p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain