SKRIPSI PAI
Pengaruh Teknik Penilaian Teman Sejawat Pada Mata Pelajaran PAI Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMK Diponegoro Karanganyar Kabupaten Pekalongan
Latar belakang dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa yang masih tergolong rendah dikarenakan pengaruh faktor-faktor tertentu seperti kebiasaan belajar siswa, siswa yang kesulitan dalam mengaitkan satu konsep dengan lainnya dan kurangnya pengembangan latihan yang diberikan oleh guru. Hal ini dapat dilihat pada SMK Diponegoro Karanganyar Kabupaten pekalongan yang mana tidak adanya pengembangan dan variasi pada latihan yang akan diberikan pada siswa dan masih pada tingkat Lower Order Thinking Skills (LOTS) sedangkan kemapuan berpikir kritis termasuk pada tingkat Higher Order Thinking Skills (HOTS). Hal ini diperlukan agar siswa mampu menyeimbangkan diri menghadapi tantangan abad 21, apalagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berfokus untuk mencetak siswa yang siap memasuki dunia kerja. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui terkait penerapan teknik penilaian teman sejawat pada mata pelajaran PAI kelas X SMK Diponegoro Karanganyar, menganalisis tingkat kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMK Dionegoro Karanganyar, dan menemukan adakah pengaruh teknik penilaian teman sejawat pada mata pelajaran PAI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMK Diponegoro Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan perhitungan menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 60 siswa. Kelas X Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) 1 dan 2 sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Data penelitian ini diperoleh melalui metode tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, maka terdapat pengaruh yang signifikan antara teknik penilaian teman sejwat pada mata pelajaran PAI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMK Diponegoro Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Dibuktikan dengan hasil perhitungan Independent Sample T-test yang menunjukkan nilai sebesar 5,007 sementara sebesar 2,002 pada taraf signifikansi 0,05. Jika dibandingkan maka sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Lalu didapatkan nilai effect size sebesar 1,315 dengan menggunakan perhitungan Cohen’s. Dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s jika dengan persentase 90% artinya terdapat pengaruh besar. Sehingga dapat ditarik kesimpulan terdapat pengaruh yang besar antara teknik penilaian teman sejawat pada mata pelajaran PAI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMK Diponegoro Karanganyar Kabupaten Pekalongan.
24SK2421185.00 | SK PAI 24.185 ANG p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain