SKRIPSI PAI
Modernisasi Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren (Study Di Pondok Pesantren Al-Manshuriyah Mengori, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang)
Pondok pesantren merupakan wadah pendidikan dan pengembangan keagamaan yang memberikan lingkungan bagi para santri untuk belajar, tinggal, dan mendalami ajaran Islam serta nilai-nilai sosial. Manajemen pendidikan di pondok pesantren merupakan suatu kebutuhan agar dapat mempertahankan eksistensinya dalam persaingan dan modernisasi saat ini, serta sebagai landasan untuk berkembang dimasa yang akan datang. Namun dalam setiap prosesnya pasti terdapat faktor yang mempengaruhi manajemen tersebut, untuk itu pondok pesantren perlu memanfaatkan faktor pendukung untuk mengatasi hambatanhambatan ini guna mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan bagaimana pelaksanaan manajemen pendidikan Islam di pondok pesantren Al-Manshuriyah Mengori, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang (2) Menjelaskan apasaja faktor pendukung dan penghambat modernisasi manajemen pendidikan Islam di pondok pesantren Al-Manshuriyah Mengori, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis lapangan (Field Research). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket dengan informan Kepala pondok, Asatid dan Santri. Teknik analisis data yang digunakan model Miles & Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan Manajemen pendidikan Islam di pondok pesantren Al-Manshuriyah terdiri dari beberapa bidang yang meliputi pelakasanaan manajemen bidan perumusan tujuan, kepengurusan, kepegawaian, kesantrian, kurikulum, sarana dan prasarana, serta keuangan pondok pesantren berdasarkan perkembanagan zaman saat ini. Adapun proses manajemen pendidikan Islam terstruktur berdasarkan fungsi-fungsi manajemen, seperti fungsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. (2) Faktor pendukung modernisasai manajemen pendidikan Islam di pondok pesantren Al-Manshuriyah diantaranya kualitas guru, kebijakan pemerintah dan kementrian agama, bantuan pemerintah, kerjasam pengurus, semangat tinggi pengurus, kepercayaan orang tua, motivasi santri, dukungan yayasan, kolaborasi dengan alumni, dan dukungan donator. Adapun faktor yang menghambat meliputi sumberdaya manusia kurang mumpuni, sarana dan prasarana yang belum lengkap, minimnya partisipasi santri, dan pengawasan yang lemah.
24SK2421180.00 | SK PAI 24.180 SAI m | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain