SKRIPSI PAI
Upaya Pendidikan Karakter Peduli Sosial Di Pondok Pesantren Al-Utsmani Kajen Pekalongan
Pendidikan karakter merupakan penciptaan lingkungan sekolah yang membantu siswa dalam perkembangan etika, tanggungjawab melalui model, dan pengajaran karakter yang baik melalui nilai-nilai universal. Kepedulian sosial merupakan pendidikan karakter yang sangat penting ditanamkan sejak dini dalam diri seseorang, karena dapat mempengaruhi perkembangan perilaku sosialnya baik dalam lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat. Perilaku seseorang juga dapat bergantung kepada tinggi rendahnya kepedulian sosial yang mereka miliki, oleh sebab itu kepedulian sosial harus dikembangkan dalam keluarga terlebih dahulu karena dalam setiap diri individu sudah memiliki benih kepedulian sosial sejak masih bayi guna menghadapi dampak awal dari lingkungan sekitar sebab sebagai makhluk sosial tentunya manusia akan ikut merasakan penderitaan dan kesulitan orang lain sehingga ada keinginan untuk memberikan pertolongan dan bantuan kepada orang-orang yang kesulitan. Salah satu lingkungan yang sangat berpengaruh dalam mendidik karakter peduli sosial adalah di lingkungan pondok pesantren. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana uaya pendidikan karakter peduli sosial di pondok pesantren al-utsmani kajen pekalongan apakah dapat membekali dan membina karakter kepedulian sosial terhadap sesama di era krisis sosial ini dan apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan pendidikan karakter peduli sosial di pesantren. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana upaya dan penerapan pendidikan karakter di Pesantren Al-Utsmani Kajen Pekalongan dan manfaat dari penelitian ini sebagai tambahan wawasan ilmu pengetahuan bagi para pembaca serta sebagai bahan acuan untuk penelitian selanjutnya. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sumber data yang digunakan yaitu data primer berupa hasil wawancara langsung dengan pengasuh pondok, guru, santri serta pengamatan langsung di lapangan dan data sekunder berupa data-data pondok, buku dan jurnal sebagai referensi yang berkaitan dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara,dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah pengasuh Pondok Pesantren Al-Utsmani, Ustadz pengajar dan santri Al Utsmani. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitin ini yaitu model pendidikan karakter peduli sosial pada santri di pondok pesantren al-utsmani kajen pekalongan. Kesimpulannya adalah 1) upaya penerapan pendidikan karakter peduli sosial berbasis pesantren dalam menghadapi krisis sosial di masa sekarang di Pondok Pesantren Al-Utsmani Kajen Pekalongan. Hal tersebut dibuktikan dengan sistem pengajaran yang ada di pesantren dengan baik 2) beberapa faktor pendukung yang ada di Pondok Pesantren Al-Utsmani Kajen Pekalongan dan adanya faktor penghambat seperti kurangnya rasa kepedulian santri yang bisa diatasi oleh guru dan kepengurusan pesantren.
24SK2421167.00 | SK PAI 24.167 ISM u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain