SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Tasmi' Dan Muroja'ah Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur'an Santri Putri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Salafiyah Asyafi'iyah Proto Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan
Metode Tasmi dan muraja’ah biasa digunakan oleh seorang tahfidz alAlqur’an. Namun di kalangan remaja masih dijumpai akan kesulitan menjaga hafalan dikarenakan malas mengulang hafalan, malas,sulit mengatur waktu dan sebagainya. Oleh sebab itu, perlunya pelaksanaan metode Tasmi’ dan Muraja’ah tahfidz al-qur’an yang dapat menjadi jembatan untuk meningkatkan kualitas hafalan santri. Pada Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan mayoritas santrinya merupakan seorang pelajar. Dengan ini peneliti menggali bagaimana implementasi metode tasmi dan muraja’ah dalam meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Salafiyah Syafi’iyah Proto. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan metode tasmi’ dan muroja’ah dalam meningkatkan kualitas hafalan al-qur’an santri putri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Salafiyah Syafi’iyah Proto kecamatan Kedungwuni kabupaten Pekalongan 2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode tasmi’ dan muroja’ah dalam meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an santri putri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Salafiyah Syafi’iyah Proto kecamatan Kedungwuni kabupaten Pekalongan Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian Studi Kasus. Sumber data penelitiannya yaitu sumber data primer yang diambil dari pengasuh, ustadzah dan santri, serta sumber data skunder yang diperoleh dari observasi, Dokumentasi dan arsip seperti jurnl, skripsi dan tesis. Analisis yang digunakan melalui merangkum data atau memfokuskan pada hal-hal yang penting,menyajikan data supaya dapat dipahami dan menarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, implementasi metode tasmi’ dan muroja’ah dalam meningkatkan kualitas hafalan al-qur’an santri putri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Salafiyah Syafi’iyah Proto kecamatan Kedungwuni kabupaten Pekalongan dilaksanakan melalui dua tasmi’ yaitu tasmi 1 juz dan tasmi 5 juz dan empat muraja’ah yaitu muraja’ah saat salat, muraja’ah dengan ustadzah, muraja’ah sambung kaca dan muraja’ah mandiri. Melalui metode tasmi’ dan muraja’ah kualitas hafalan santri putri akan lebih baik dari kelancaran hafalannya, makhorijul huruf dan kaidah tajwidnya. Kedua faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode tasmi’ dan muraja’ah tahfidz al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas hafalan santri yaitu motivasi orangtua, adanya jadwal yang terstruktur dan lingkungan yang mempengaruhi santri dalam menghafal serta faktor penghambatnya yaitu malas melakukan mengulang hafalan, kurang fokus, stress, semangat turun, mengulang lebih sulit dari pada menambah, sulit mengatur waktu, lupa ayat sudah dihafal.
24SK2421166.00 | SK PAI 24.166 SAL i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain