SKRIPSI PAI
Penerapan Pendidikan Karakter Religius Dan Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Al-Kholiliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan
Pelaksanaan pendidikan karakter sudah sepatutnya dipandang sebagai usaha yang bersifat terus menerus, kesadaran dan terencana. Sebab pendidikan karakter dinilai sebagai usaha serius dalam pemberian pemahaman, pembentukan, pemupukan nilai etika, entah untuk pribadi maupun untuk secara umum, seperti warga masyarakat. Pondok pesantren Al-Kholiliyah selalu mendukung dalam membentuk karakter religius dan kedisiplinan dalam membentuk kepribadian santri dengan memberikan pendidikan dan pengembangan ilmu agama Islam dengan berbagai metode, misalnya memadukan sistem privat (sorogan) dan klasikal (bandongan). Akan tetapi, hal tersebut tidak menutup kemungkinan masih adanya santri yang masih melakukan perilaku menyimpang atau melanggar peraturan pondok. Terlebih pondok pesantren Al-Kholiliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan dihuni oleh anak-anak yang masih labil. Berdasarkan latar belakang, maka peneliti merumuskan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan pendidikan karakter religius dan kedisiplinan santri di pondok pesantren Al-Kholiliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan. 2) Bagaimana karakter religius dan kedisiplinan santri pondok pesantren Al-Kholiliyah? Tujuan penelitian ini yaitu 1) Menganalisis penerapan pendidikan karakter religius dan kedisiplinan di pondok pesantren Al-Kholiliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan. 2) Menganalisis karakter religius dan kedisiplinan santri di pondok pesantren Al-Kholiliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitiannya yaitu sumber data primer peserta didik atau santri, pengurus, dan pengasuh pondok pesantren Al-Kholiliyah Banyurip Ageng serta sumber data skunder yang diperoleh dari dokumen, arsip, jurnal dan buku-buku serta bacaan yang memiliki keterkaitan dengan variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter religious dan displin pondok pesantren Al-Kholiliyah adalah melalui tahap perencanaan dengan menetapkan standard karakter dan metode pelaksanaan, tahap pelaksanaan dengan melaksanakan hal-hal yang telah direncanakan sebelumnya, dan tahap evaluasi dengan meninjau pada tahap perencanaan hingga pelaksanaan. Dalam penerapan pendidikan karakter di pondok pesantren Al-Kholiliyah, terdapat indikator yang bisa dibuat sebagai acuan keberhasilan dalam mendidik karakter santri dan fakta dilapangan menunjukkan bahwa santri telah sesuai dengan indikator karakter religius dan kedisiplinan pondok pesantren Al-Kholiliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan.
24SK2421160.00 | SK PAI 24.160 TAU p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain