SKRIPSI PAI
Peran Ekstrakurikuler Rohis Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SMKN 3 Kota Tegal
Pendidikan yang menyelimuti kehidupan manusia tidak hanya terpusat pada pengetahuan saja melainkan juga pada penanaman nilai. Penanaman nilai tersebut termasuk pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Secara umum mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah termasuk SMK hanya 3 jam pelajaran. Keterbatasan waktu tersebut menjadikan penanaman nilai pendidikan agama Islam tidak bisa maksimal sehingga masih terjadi perilaku kenakalan siswa. Demikian pula yang terjadi di SMKN 3 Kota Tegal terdapat beberapa kenakalan siswa seperti bolos sekolah, merokok, dan perkelahian. Atas hal tersebut kemudian membuat sekolah mengambil berbagai cara untuk mendukung penanaman nilai PAI pada siswa yang salah satunya melalui ekstrakurikuler Rohis. Permasalahan yang dibahas pada skripsi ini adalah bagaimana peran ekstrakurikuler Rohis dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi siswa SMKN 3 Kota Tegal?, bagaimana bentuk implementasi penanaman nilainilai pendidikan agama Islam dalam kegiatan ekstrakurikuler Rohis di SMKN 3 Kota Tegal?, dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat ekstrakurikuler Rohis dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi siswa SMKN 3 Kota Tegal?. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan peran ekstrakurikuler Rohis dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi siswa SMKN 3 Kota Tegal, bentuk implementasi penanaman nilai-nilai tersebut dalam kegiatan ekstrakurikuler Rohis, dan faktor pendukung dan penghambat ekstrakurikuler Rohis dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan menerapkan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya melalui tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran ekstrakurikuler Rohis dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi siswa SMKN 3 Kota Tegal yaitu sebagai lembaga keagamaan yang mengembangkan wawasan agama Islam, sebagai lembaga dakwah yang menyerukan kepada kebaikan, dan sebagai lembaga kemasyarakatan yang memberikan manfaat kepada sesamanya. Sedangkan proses penanaman nilai tersebut diimplementasikan dalam kegiatan-kegiatan Rohis, seperti Tartil Al-Qur’an, Kajian Islami, Hadrah, Bersih-Bersih Masjid, PHBI, Berbagi Takjil, dan Pesantren Kilat. Adapun faktor-faktor yang mendukung ekstrakurikuler Rohis dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi siswa yaitu adanya sarana prasarana yang memadai, dukungan dari kepala sekolah dan guru, dan pendanaan dari sekolah. Sedangkan yang menjadi penghambat adalah benturan jadwal dengan ekstrakurikuler lain, kurang maksimalnya kaderisasi pengurus kepada anggota, dan kejenuhan terhadap kegiatan.
24SK2421150.00 | SK PAI 24.150 WAF p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain