SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Demokrasi Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X Di MAN Pemalang
Metode pembelajaran adalah suatu cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran. Salah satu faktor penting dalam mencapai keberhasilan, tujuan pembelajaran diantaranya adalah pemilihan metode pembelajaran dengan tepat. Guru fiqih memilih metode demonstrasi untuk di impementasikan di kelas X pada bab perawatan jenazah khususnya pada materi sholat jenazah dengan harapan agar siswa mampu memahami materi secara maksimal. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN Pemalang dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan wawancara dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah wakil kepala bidang kurikulum MAN Pemalang, Guru Fiqih kelas X Man Pemalang dan perwakilan Siswa kelas X.2 MAN Pemalang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN Pemalang dilaksanakan mulai dari tahap kegiatan awal yang meliputi apresepsi, pemberian motivasi kepada siswa serta perencanaan kegiatan demonstrasi. Selanjutnya adalah tahap kegiatan inti yang meliputi proses pelaksanaan kegiatan demonstrasi pada materi sholat jenazah dan yang terakhir adalah tahap penutup atau evaluasi dimana siswa dan guru bersama sama melakukan evaluasi terkait pembelajaran yang sudah berlangsung. Adapun guru fiqih dan siswa dihadapkan oleh faktor pendukung dan penghambat, kedua faktor tersebut muncul dari dua sudut pandang antara dari guru maupun siswa. Faktor pendukung implementasi metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN Pemalang adalah suasana kelas yang kondusif serta minat belajar siswa yang tinggi terhadap materi perawatan jenazah yang akan di demonstrasikan, selain itu keterampilan guru dalam mengajar baik dari segi komunikasi maupun penyampaian materi sangat baik menjadikan siswa nyaman mengikuti proses pembelajaran. Sedangkan salah satu faktor penghambatnya adalah kapasitas menghafal siswa yang berbeda-beda.
24SK2421148.00 | SK PAI 24.148 HUS i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain