SKRIPSI PAI
Penerapan Nilai-Nilai Keislaman Yang Terkandung Dalam Kitab Maulid Al-Barzanji Pada Majelis Taklim Arrofiqi Kecamatan Batang Kabupaten Batang
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan Penulis terhadap dakwah Islam melalui majelis Taklim. Majelis taklim sendiri memiliki peranan yang sangat penting khususnya melalui kegiatan pengajian dalam menumbuhkan kesadaran beragama, membentuk kepribadian muslim, dalam hal ini Penerapan rasa cinta kepada nabi melalui pembacaan kitab maulid AlBarzanji beserta pemahamannya; dan membimbing ke arah pandangan hidup yang Islami. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana Penerapan Nilai-Nilai Keislaman Yang Terkandung Dalam Kitab Maulid AlBarzanji Pada Majelis Taklim Arrofiqi Kecamatan Batang Kabupaten Batang? Apa Saja Faktor Penghambat Dan Penunjang Dalam Penerapan Nilai-Nilai Keislaman Yang Terkandung Dalam Kitab Maulid Al-Barzanji Pada Majelis Taklim Arrofiqi Kecamatan Batang Kabupaten Batang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan wawancara dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah kepala Majelis, Assatidz/Assatidzah, Masyarakat, Santri Majelis Taklim Arrofiqi Kecamatan Batang Kabupaten Batang Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 tahapan dalam implementasi pembacaan kitab maulid Al-Barzanji di Majelis Taklim Arrofiqi Kecamatan Batang, Kabupaten Batang. Yakni tahap Penyampaian pengetahuan, tahap penerapan dalam keseharian, tahap penanaman melalui ketaatan, keteladanan dan keikhlasan. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penerapan dalam keseharian kegiatan rutin kitab Maulid AlBarzanji di Majelis Taklim Arrofiqi Kecamatan Batang, Kabupaten Batang antara lain : Semangat Ustadz dan Ustadzah dalam membimbing, Lingkungan Majelis Taklim yang nyaman, Faktor dukungan masyarakat, Faktor Pertemanan dan Faktor Penghambat, Adanya remaja yang suka nongkrong, Rasa Malas Santri, Kurang minatnya belajar saat kegiatan berlangsung.
24SK2421145.00 | SK PAI 24.145 HIK p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain