SKRIPSI PBS
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Relationship Marketing, Brand Image Terhadap Kepuasan Nasabah Pada LKMS BTM Pemalang Kc Ulujami
Dasar proses kepuasan yaitu perbandingan antara apa yang diharapkan dengan kinerja atau kualitas pelayanan yang baik. Kepuasan juga dapat ditentukan oleh faktor subjektif seperti kebutuhan dan emosi juga dapat ditentukan faktor objektif seperti halnya produk dan pelayanan yang diperoleh. Pelayanan yang baik akan meningkatkan nilai kepuasan, yang kemudian akan terjadi hubungan jangka panjang dengan memperhatikan dan meningkatkan citra produk dalam LKMS BTM Pemalang KC Ulujami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, relationship marketing, dan brand image terhadap kepuasan nasabah pada LKMS BTM Pemalang KC Ulujami.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reserch) dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 5.500. Sampel yang diambil sebnayak 98 responden dengan menggunakan rumus slovin, standar eror yang ditetapkan yaitu 10%. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji isntrumen, uji asumsi klask, uji regresi dan uji hipotesis.
Hasil ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai beta -0,052 dan nilai sigmifikansi 0,609>0,05. Relationship marketing berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai beta 0,313 dan nilai signifikansi 0,0052,700.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Relationship Marketing, Brand Image, Dan Kepuasan Nasabah.
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Rasyid. (2017). Sekilas Tentang Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia. Aisyah. (2023). Wawancara pelayanan LKMS BTM Pemalang KC Ulujami. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Adi mahasatya.
Aziz, N., Putra, E., Tinggi, S., Ekonomi, I., Kbp,”. & padang, “. (n.d.-b). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Padang.
Aseandi, Riski. Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt Pegadaian Syariah Cab Meureudu Aceh, Wahana Inovasi, Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISI, 9.1:48-63.
Boubker, N. N., & Belamhitou, M. (2017). Global Journal of Business, Economics and Management: Current Issues..
Darmadi, H. (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Fiqihta, E., Kuraesin, E., & Muniroh, L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan. Manager: Jurnal Ilmu Manajemen, 2(3), 376-388.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivarite Dengan Program SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Haryanto, H Rudi. 2020. Manajemen Pemasaran Bank Syariah. Edited by Abdul Wafi. Pemekasan: Duta Media Publishing.
Huda, A. N., & Wahyuni, S. (2013). Analisis pengaruh kualitas layanan internet banking dan tingkat kepuasan terhadap loyalitas nasabah pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kantor cabang pembantu Jamsostek Jakarta. Business and Management Review, 2(2).
Hsieh,S.-W.,Lu, C.-C., & Lu, Y-H. (2018). A Study On The Relationship Among Brand Image, Service Quality, Customer Satisfaction, And Customer Loyalty-Taking The Bao Wei Zhen Caterimh Team’ As An Empirical Study. Kne Social Scincess, 3(10)
Ihsan, M. N., & Sutedjo, B. (2022, January). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang. In Forum Ekonomi (Vol. 24, No. 1, Pp. 170-176).
Ismail, H. F. (2018). Statistika untuk penelitian pendidikan dan ilmu-ilmu sosial. Kencana.
Intan Monica, et.al,. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk, Cabang Ranatona.
Kotler, P, and K.L Keller. 2016. Marketing Management. Edisi ke 1. Harlow: Pearsong Education Limited.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. 11th ed. Jakarta: Indeks.
Kurniasih, D. (2021). Kepuasan konsumen: studi terhadap word of mouth, kualitas layanan dan citra merek. Bintang Visitama.
Kuswandarini, K. I., & Annisa, A. A. (2021). Analisis pengaruh kualitas layanan, corporate image, dan customer relationship management terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening. Journal of Management and Digital Business, 1(1), 37-51.
Lauvia, T., Syafitri, Y., & Parlindungan, R. (2018). Pengaruh Persepsi Wajib Pajak Mengenai ProgramPerpajakan Tax Amnesty danWacana Transparasi Data Nasabah Bank (Bank Secrecy) Tahun 2018 Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris pada KPP Pratama Ilir Barat Palembang)
Lusianti, D. (2017). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Di King’s Hotel Kudus. Jurnal Studi Manajemen Bisnis, 1(1).
Magfira. (2020). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG PALU, IAIN PALU.
Marlina, A., & Bimo, W. A. (2018). Digitalisasasi Bank Terhadap Peningkatan Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Bank. Inovator, 7(1), 14-34.
Masyitoh, N.D. (2014). Analisis Normatif Undang-Undang No.1 Tahun 2013
Tentang Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Atas Status Badan Hukum dan Pengawasan Batitul Maal Wat Tamwil (BMT).Economica: Jurnal Ekonomi, 5 (2)
Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara: Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71-83.
Maulana, R. K., & Yunus, M. (2018). Pengaruh Pemasaran Relasional Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah Dan Kepercayaan Nasabah Tabungan Bank Bri Syariah Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(1), 36-45.
Meilisa, K., & Sangen, M. (2018). Analisis Pengaruh Pemasaran Relasional Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Memilih Produk Perbankan (Studi Kasus Pada Nasabah Prioritas Bank-Bank Bumn Di Banjarmasin). Jwm (Jurnal Wawasan Manajemen), 6(1), 61-75.
Muhammad, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Relationship Marketing Dan Penerapan Corporate Social Responsibility Terhadap Loyalitas Nasabah Pt. Pegadaian Cabang Bukit Bestari Kota Tanjungpinang (Doctoral Dissertation, Universitas Maritim Raja Ali Haji).
Nasution, M.N. 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nofrital. (2021). “Pengaruh Kualitas Sistem Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah” (studi kasus pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP. Mojokerto). IKHAC.
Novitasari S, N. O. V. I. T. A. S. A. R. I. (2022). Pengaruh Keunggulan Produk Dan Penerapan Nilai Islam Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia Kcp Ratulangi (Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Negeri (Iain Palopo)
Novi Susanti. (2022). Wawancara mengenai perkembangan jumlah nasabah pada LKMS BTM Pemalang KC Ulujami.
Putri, Debi Eka, Acai Sudirman, and Asep Dadan Suganda. 2021. Brand Marketing. Cetakan pe. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung cabang padang.
Putra, Y.E., & Aziz, N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia.
Sari, V. E. (2019). Pengaruh E-Wom, Lifestyle, Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Ticket Online Booking Pada Situs Traveloka. Com Di Ponorogo (Studi Kasus Pembelian Tiket Pesawat Dan Kereta Api). EJournal Administrasi Bisnis, 7(4), 474-487.
Sri Rahayu, S. E. (2021). Strategi Meningkatkan Loyalitas Sikap Dan Loyalitas Pembelian. Penerbit Adab
Syaifullah, S., & Mira, M. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pt Pegadaian (Persero) Batam. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 6(2), 86-91..
Rahman, M., Muhalling, R., Elfinasari, E., & Hakim, M. R. (2022). Pengaruh Service Quality, Brand Image, Dan Religiusitas Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Bsi Cabang Kendari. Jasie, 1(2).
Rasyid,A.(2017).Sekilas Tentang Lembaga Keuangan Mikro Syariah Di Indonesia. Melalui https://business-law.ninus.ac,id/2017/03/31/.
Rifki,R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Kiriman Pos Kantpr Cabanh Bakasi Barat (Doctoral Disertation, Universitas Datma Persada).
Rohmah, U.(2014). Konstruksi Identitas Baitul Mal Wa Tamwil (BMT) pasca UU No. 1 Tahun 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro.” Istiqro (02),253- 289.
Rusmahafi, F. A., & Wulandari, R. (2020). The effect of brand image, service quality, and customer value on customer satisfaction. International Review of Management and Marketing, 10(4), 68.
Saeful Anam. (2023). Wawancara pelayanan LKMS BTM Pemalang KC Ulujami.
Sellang, K., Sos, S., Jamaluddin, D. H., Sos, S., & Ahmad Mustanir, S. I. P. (2022). Strategi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dimensi, Konsep, Indikator Dan Implementasinya. Penerbit Qiara Media.
.
Siregar, A.Z, and N Harahap. (2019) Strategi Dan Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dan Publikasi. Yogyakarta: Deepublish.
Sumiyanto, A, Jahidin, U., Alfi,N., Kardiyanto,W., Yuliawan, A., Zaini, A., ... & Rahmawati, E. (2022), Menjadi Muhammadiyah. Pandiva Buku, 2022.
Rahmiati, R. (2018). Relationship Marketing: Paradigma Baru Dalam Mempertahankan PELANGGAN. Performance: Jurnal Personalia, Financial, Operasional, Marketing Dan Sistem Informasi, 11(2), 101-115.
Rahmawati, C. K., & Fianto, B. A. (2020). Analisis Deskriptif Pada Dimensi Kualitas Layanan Mobile Banking (M-Banking) Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 7(6), 1118-1127..
Siregar, S. (2013). Metode penelitian kuantitatif: dilengkapi dengan perhitungan manual & SPSS.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alpabeta CV.
Suliyanto, S. E., & MM, S. (2017). Metode penelitian kuantitatif. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sohail, M. S. (2012). The antecedents of relationship marketing and customer loyalty: a conceptual framework to determine outcomes. In International Conference on Economics, Business Innovation IPEDR (Vol. 38, pp. 236-240).
Tjiptono, Fandy. 2005. Brand Management & Strategy. Yogyakarta: Andi Offset.Widjono, H. S. 2007. Bahasa Indonesia: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo
Umdatun, U. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Kualitas Pelayanan, Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri KC Gubug) (Doctoral Dissertation, IAIN Salatiga).
Utami, A. A. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Doctoral Dissertation, Iain Salatiga).
Wahab, W. (2017).Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Industri Perbankan Syariah di Kota Pekanbaru. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2(1), 51-66.
Widiastuti, T., & Suhaji, S. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah. Jurnal Ilmiah Aset, 23(1), 53-62.
Widiawati, H. S. (2020). Pengaruh Brand Image Produk Syariah Dan Religius Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Di Kota Kediri. JUPEKO Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 64-83.
Wardoyo, M. D., Zulhendry, Z., & Affandi, I. (2022). Relationship dan Syariah Marketing terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening:(Studi Kasus Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan Ringroad). BISMA Cendekia, 2(2), 113-121.
Zulianto, A. (2019). Pengaruh Pengetahuan dan Brand Image Terhadap Minat Memilih Produk Tabungan Mudharabah pada Koperasi Syariah BTM Dinar Nasyiah 2 Sumberrejo. Attanwir: Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 10(2),16-34.
Zulkifli, Zulkifli. 2019. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Bergabung Di BMT Mutiara Sakinah Pekanbaru.” Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah 2 (2): 16–30. https://doi.org/10.25299/syarikat.2019.vol2(2).4718.
24SK2442075.00 | SK PBS 24.075 WIN p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain