TESIS PAI
Peran Kepala Sekolah Dalam Membina Kompetensi Pedagogik Guru di SMP Islam YMI Wonopringgo Pekalongan
Latar belakang penulisan tesis ini adalah beberapa problematika peran kepala sekolah dalam membina kompetensi pedagogik guru adalah guru mengkondisikan peserta didik belum maksimal sehingga keadaan kelas menjadi gaduh, guru menggunakan metode yang monoton dalam mengajar sehingga peserta didik jenuh dan bosan, guru menjelaskan materi ajar yang terlalu cepat sehingga peserta didik kurang memahami materi yang diajarkan. Banyak aspek yang mempengaruhi kurangnya kompetensi pedagogik guru di SMP Islam YMI Wonopringgo Pekalongan, yaitu kurangnya peran kepala sekolah sebagai pemimpin karena kepala sekolah dalam memanejemen atau mengelola sekolah hanya memberikan wewenangnya kepada tim yang telah dibentuknya, yaitu tim manajemen yang terdiri dari bidang kesiswaan, humas, sarana prasarana, dan kurikulum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Kompetensi Pedagogik Guru di SMP Islam YMI Wonopringgo Pekalongan? Bagaimana Peran Kepala Sekolah Dalam Membina Kompetensi Pedagogik Guru di SMP Islam YMI Wonopringgo Pekalongan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kompetensi pedagogik guru di SMP Islam YMI Wonopringgo Pekalongan dan untuk menganalisis peran kepala sekolah dalam membina kompetensi pedagogik guru di SMP Islam YMI Wonopringgo Pekalongan. Penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, kompetensi pedagogik guru di SMP Islam YMI Wonopringgo Pekalongan dengan kriteria tingkat kompetensi yang berbeda-beda. Namun responden yang berhasil peneliti amati menyatakan bahwa semua sudah memenuhi kriteria tingkat kompetensi kompeten. Semuanya sudah memenuhi indikator dari kompetensi pedagogik, seperti menguasai karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, pengembangan kurikulum, kegiatan pembelajaran yang mendidik, pengembangan potensi peserta didik, komunikasi dengan peserta didik dan penilaian dan evaluasi. Kedua, peran kepala sekolah, yaitu dapat dilihat dari bagaimana cara kepala sekolah mempengaruhi, dan mengambil keputusan serta kebijakan, serta usaha-usaha yang dilakukan demi meningkatkan kompetensi para guru yang ada di SMP Islam YMI Wonopringgo Pekalongan. Sehingga dalam melaksanakan kepemimpinannya, peran tersebut muncul secara situasional, seperti peran sebagai edukator, pemimpin, motivator, supervisor, inovator, dan manajerial.
24TS2452027.00 | TS P.PAI 24.027 MUH p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain