TESIS PAI
Evaluasi Program Unggulan Takhassus Tahfidz Al-Qur’an Juz 30 Dengan Model CIPP (Context, Input, Process, Product) Di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Buaran Kota Pekalongan
Evaluasi program penting dilakukan dalam rangka pengembalian mutu, menjaga program agar tetap berjalan dengan standar yang telah ditetapkan. Model evaluasi yang tepat digunakan adalah model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Model CIPP memberikan suatu format evaluasi yang komprehensif pada setiap tahapan evaluasi program. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program unggulan Takhassus Tahfidz Al-Qur’an juz 30 dengan model CIPP di MINU Buaran Kota Pekalongan. Dan untuk menganalisis evaluasi program unggulan Takhassus Tahfidz Al-Qur’an juz 30 dengan model CIPP di MINU Buaran kota Pekalongan. Dalam penelitian penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), yaitu studi yang mendalam menggunakan teknik pengumpulan data langsung dari orang dalam lingkungan alamiahnya. Menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta analisis terhadap evaluasi program unggulan takhassus tahfidz Al-Qur’an juz 30 dengan model CIPP yang diamati. Dari penelitian ini diperoleh suatu data deskriptif yang menggambarkan evaluasi program menggunakan model CIPP pada program unggulan takhassus tahfidz Al-Qur’an juz 30 di MINU Buaran. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan uji keabsahan data menggunakan observasi yang mendalam, triangulasi teknik, dan keterlibatan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Program unggulan takhassus tahfidz Al-Qur’an juz 30 di MINU Buaran resmi dibuat pada tahun 2014. Dengan di kelola menggunakan kurikulum yang terintegrasi antara kurikulum nasional dan kepesantrenan. 2) Evaluasi program, ditinjau dari: (a) Evaluasi context yaitu memiliki tujuan dan perencanaan yang jelas sehingga mampu memotivasi peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an juz 30. (b) Evalusi input yaitu kemampuan yang dimiliki guru dan siswa dalam membaca dan menghafalkan Al-Qur’an sudah cukup baik secara makhroj maupun tajwidnya, kemampuan sekolah dalam menyediakan fasilitas juga sudah cukup baik. (c) Evaluasi process yaitu pada proses pelaksanaan program tahfidz ini berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang direncanakan dalam isi kurikulum program takhassus. (d) Evaluasi product yaitu banyak peserta didik yang telah mencapai target wisuda tahfidz juz 30, dari segi kelancaran hafalan, makhorijul huruf dan tajwidnya juga sudah cukup baik. Serta dapat dilihat dari hasil prestasi yang di dapat melalui berbagai perlombaan tahfidz dari tingkat kota sampai tingkat nasional.
24TS2452026.00 | TS P.PAI 24.026 BAI e | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain