TESIS PAI
Implementasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Digital Untuk Membangun Motivasi Belajar Dan Kompetensi Peserta Didik
Pembelajaran berbasis digital merupakan salah satu strategi pembelajaran yang memungkinkan untuk digunakan pada saat ini. Hal ini didasari atas perkembangan teknologi digital yang sangat pesat, pengguna teknologi ini sangat banyak di Indonesia, dan manfaat penggunaan teknologi ini untuk memudahkan dan mempercepat proses pekerjaan. Namun demikian beberapa permasalahan mucul seiring dengan dampak buruk penggunaan teknologi digital dalam pendidikan, antara lain: (1) peserta didik tidak fokus pada materi sehingga kemampuan untuk memahami materi menurun dan kompetensi tidak tercapai sebagaimana yang diharapkan; (2) menurunnya minat belajar peserta didik terhadap materi yang sampaikan oleh guru. Dengan permasalahan dan dampak negatif yang muncul, SMK Muhammadiyah Adiwerna tetap berupaya mengimplementasikan strategi pembealajaran digital pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berangkat dari persoalan tersebut, penelitian ini berusaha untuk mengeksplorasi dan menganasis bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah Adiwerna dengan pendekatan penelitian kualititif dan jenis penelitian studi kasus serta teknik analisis Creswell. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi strategi pembelajaran PAI berbasis digital diimplementasikan dengan perencanaan yang dilakukan dengan menentukan tujuan pembelajaran, merumuskan capaian pembelajaran, menentukan indikator ketercapaiannya, merancang strategi yang digunakan, menentukan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, menunjuk pelaksana, dan memperkirakan besaran pembiayaannya. Dalam pelaksanaannya, pembelajaran dilakukan sesuai dengan perencanaan dan sesuai prosedur pembelajaran. Pendekatan pembelajaran yang digunakan ialah Student centre, model pembelajaran yang digunakan ialah Discovery Learning dan Production Based Learning dengan metode ceramah, diskusi, dan demonstrasi. Motivasi belajar dibangun seiring dengan proses pembelajaran. Kompetensi peserta didik dibangun seiring dengan proses pembelajaran melalui penugasan, produksi, dan latihan-latihan. Pada evaluasi hasil pembelajaran dilaksanakan dengan berbantuan teknologi digital baik pada penilaian sikap, pengetahuan, maupun keterampilan. Kesimpulan dari penelitian ini ialah motivasi belajar dan kompetensi peserta didik dapat dibangun melalui strategi pembelajaran PAI berbasis digital yang dilakukan sesuai prosedur perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil belajar yang baik.
24TS2452022.00 | TS P.PAI 24.022 MOH i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain