TESIS PAI
Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Kota Pekalongan
Moderasi beragama atau Islam wasathiyah merupakan salah satu upaya untuk mengikis radikalisme, meskipun sebagian kelompok menganggap bahwa persoalan radikalisme, fanatisme, dan ektrimisme tidak perlu dibesar- besarkan, sebab hal itu akan memperkeruh suasana keberagaman. Tapi faktanya perbuatan ekstrimisme, fanatisme, radikalisme dan sikap yang berlebihan terhadap agama di Indonesia sangat mengganggu keberagamaan dan keberagaman, dan jika dibiarkan maka kelompok yang seperti itu sampai saat ini akan terus eksis dan menjamur. Hal tersebut jika tidak segera ditangani bisa berbahaya bagi semua orang, sebab di era globalisasi ini informasi bisa didapatkan dengan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman dan perilaku siswa mengenai moderasi beragama di SMA Negeri 1 Kota Pekalongan. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis strategi dalam penanaman moderasi beragama pada siswa SMA Negeri 1 Kota Pekalongan. Dan penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat proses penanaman moderasi beragama pada siswa di SMA Negeri 1 Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan sebuah pendekatan kualitatif deskriptif dengan data-data dari narasumber, Penelitian ini menggunakan sebuah jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data meliputi triangulasi; triangulasi sumber dan triangulasi metode.Teknik simpulan data yang dipakai adalah teknik korelasi, teknik simpulan dengan korelasi akan memaparkan hubungan pembahasan satu sama lain terkait fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai-nilai moderasi beragama di SMA Negeri 1 Kota Pekalongan ditunjukkan melalui empat indikator, yaitu komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan akomodatif terhadap budaya lokal,(2) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan moderasi beragama siswa di SMA Negeri 1 Kota Pekalongan yaitu melalui a) tahapan; b) pendekatan; dan c) strategi; Faktor pendukungnya adalah terpenuhinya pemahaman, kesadaran dan semangat belajar, kuatnya rasa ingin belajar agama, terpenuhinya motivasi, dan psikologi siswa menikmati belajar agama; faktor penghambatanya adalah sedikitnya jam pelajaran agama dan harus mengadaptasikan pada siswa baru pada lingkungan sekolah yang beragam agama dan etnisnya
24TS2452018.00 | TS P.PAI 24.018 MUH m | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain