TESIS PAI
Efektivitas Implementasi Metode Flipped Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Assa
Metode pembelajaran flipped classroom merupakan bagian dari metode pembelajaran blended learning yang banyak digunakan pada dewasa ini karena dinilai dapat menggabungkan kelebihan pembelajaran tatap muka dan pemanfaatan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) Bagaimanakah hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Assaid Blado Kabupaten Batang, 2) Bagaimanakah hasil pembelajaran SKI dengan menggunakan metode flipped classroom di MTs Assaid Blado Kabupaten Batang dan 3) Bagaimana efektivitas metode flipped classroom dalam pembelajaran SKI bagi siswa di MTs Assaid Blado Kabupaten Batang. Tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan tesis ini adalah untuk menganalisis mengapa hasil belajar SKI di MTs Assa’id Blado Kabupaten Batang masih ditingkat yang rendah, yang kedua untuk mengetahui hasil pembelajaran SKI dengan menggunakan metode flipped classroom di MTs Assa’id Blado Kabupaten Batang dan yang ketiga untuk mengukur Bagaimana efektivitas metode flipped classroom dalam pembelajaran SKI bagi siswa di MTs Assaid Blado Kabupaten Batang Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah non-equivalent control group design, yang mencakup kelompok control dan kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 125 siswa dan jumlah sampel sebanyak 31 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah paired sample t-test dengan bantuan software SPSS versi 27. Hasil analisis memberikan nilai t hitung 21,551 > t tabel = 2,04 dan nilai p-value = 0,000. Dengan derajat kebebasan sebanyak 31 dan nilai signifikansi 0,05 maka diputuskan Ho ditolak. Hasil ini menunjukkan bahwa metode flipped classroom efektif dalam meningkatkan hasil belajar SKI di MTs Assaid Blado Kabupaten Batang. Kemudian, hasil analisis juga menunjukkan nilai perbedaan rata-rata dari pre-test dan post-test sebesar 44,68. Hasil belajar SKI yang pada pretest rendah dengan rata-rata nilai 41,77 setelah penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode flipped classroom dilakukan posttest sehingga mebgalami peningkatan yang signifikan dengan hasil nilai rata-rata 83,23. Sehingga dapat disimpulkan bahwa efektivitas metode flipped classroom dalam pembelajaran SKI di MTs Assa’id Blado kabupaten batang terbukti.
24TS2452014.00 | TS P.PAI 24.014 TRI e | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain