TESIS PAI
Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Quizizz pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Nurul Hidayah Majalangu Watukumpul Pemalang Tahun Pelajaran 2022/2023
Media pembelajaran mempunyai banyak manfaat, diantaranya bisa membangkitkan semangat belajar siswa. Siswa bisa termotivasi apabila guru memiliki cara yang inovatif dalam pembelajaran termasuk dalam penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi media pembelajaran berbasis Quizizz pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MTs Nurul Hidayah Majalangu Watukumpul Pemalang. Penelitian ini berfokus pada bagaimana implementasi tersebut dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode qualitatif deskriptif yang mana akan mendeskripsikan implementasi media pembelajaran berbasis quizizz pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam . Tehnik pengumpulan data menggubakan observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru SKI beserta beberapa peserta didik. Tehnik analisis data menggunakan teori Miles adan Huberman yang meliputi pengumpulan data, resuksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi media pembelajaran berbasis quizizz sudah dilakaukan oleh guru dan menunjukan kecenderungan bahwa siswa lebih terarik, termotivasi sehingga hasil penelitian juga menunjukan adanya peningkatan prestasi siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya nilai yang signifikan dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam selain itu evaluasi dari implemtasi penggunaan media pembelajaran berbasis Quizizz pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MTs Nurul Hidayah cukup efektif hanya saja terdapat kendala salah satunya minimnya sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran.
24TS2452012.00 | TS P.PAI 24.012 SUG i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain