TESIS PAI
Implementasi Metode NLP (Neuro Linguistic Programming) Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas VII di MTs NU Sunan Kalijaga Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal
Neuro-Linguistic Programming (NLP) adalah suatu teknik pembelajaran psikologis yang mengkomunikasikan alam bawah sadar atau pikiran bawah sadar secara efektif, yang dalam istilah modern saat ini disebut brain-hax, sehingga membuat siswa dapat meng-upgrade memori, indra, penampilan, komunikasi, pola pikir dan kecerdasannya. Selama pembelajaran berlangsung masih berpusat kepada gurunya sedangkan siswanya masih menjadi pendengar yang pasif. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk merancang suatu strategi yang dapat membuat pembelajaran itu menyenangkan. Pembelajaran menyenangkan merupakan upaya guru untuk menciptakan suasana menyenangkan dalam pembelajaan, sehingga pembelajaan menjadi lebih efektif. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana Perencanaan Implementasi Metode Neuro Linguistic Programming dalam pembelajaran Fiqih Kelas VII di MTs NU Sunan Kalijaga Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal?, Bagaimana Pelaksanaan Metode Neuro Linguistic Programming dalam pembelajaran Fiqih Kelas VII di MTs NU Sunan Kalijaga Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal?., Bagaimana Evaluasi Metode Neuro Linguistic Programming dalam pembelajaran Fiqih Kelas VII di MTs NU Sunan Kalijaga Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Fiqih di MTs NU Sunan Kalijaga Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal menggunakan model Neuro Linguistic Programming ini sangat efektif. Hal ini dilihat dari langkah-langkah yang digunakan oleh guru fiqih dalam menerapkan metode Neuro Linguistic Programming yaitu dengan menggunakan 5 rancangan pembelajaran yaitu Pace The State, Lead to The Desire State, Fire The Anchor, Nested Loop, dan Future Pacing telah sesuai dalam proses implementasinya dalam pembelajaran Fiqih kelas VII di MTs NU Sunan Kalijaga Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal.
24TS2452010.00 | TS P.PAI 24.010 MUH i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain