SKRIPSI PAI
Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- qur'an Peserta Didik Melalui Progam Pembiasaan Literasi Agama Islam Di SMK Satya Praja 2 Petarukan Kabupaten Pemalang
Sebagai seorang muslim wajib hukumnya memiliki kemampuan untuk membaca Al-Qur'an karena bahasa Arab adalah bahasa pengantar yang kita gunakan dalam beribadah. Namun pada masa sekarang kalangan remaja banyak yang melalaikan kemampuan membaca Al-Quran. Oleh sebab itu guru Pendidikan Agama Islam bekerja sama dengan pihak sekolah untuk membuat suatu progam yaitu literasi agama Islam dengan menggunakan metode pembiasaan dalam penerapannya. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1). Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik SMK Satya Praja 2 Petarukan?, (2). Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui progam literasi agama Islam di SMK Satya Praja 2 Petarukan?, (3). Bagaimana faktor pendukung dan penghambat upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui progam literasi agama Islam di SMK Satya Praja 2 Petarukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan membaca Al Qur’an peserta didik SMK Satya Praja 2 Petarukan, upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui progam literasi agama Islam di SMK Satya Praja 2 Petarukan, dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui progam literasi agama Islam di SMK Satya Praja 2 Petarukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan beberapa hasil yaitu: (1) Kemampuan membaca Al Qur’an peserta didik SMK Satya Praja 2 Petarukan sudah baik meskipun masih banyak pembinaan yang harus dilakukan. (2) Progam literasi agama Islam dinilai efektif guna meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SMK Satya Praja 2 Petarukan Pemalang hal ini di dukung juga dengan: penerapan literasi agama Islam, penerapan metode pembiasaan, guru yang aktif membimbing literasi agama Islam. (3) Faktor pendukung kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yakni: adanya dukungan penuh yang diberikan oleh seluruh masyarakat sekolah, serta sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat kemampuan membaca Al-Qur’an yakni: kurangnya motivasi untuk membiasakan membaca Al-Qur’an, Dampak negatif dari perkembangan teknologi, dan keterlambatan siswa.
24SK2421123.00 | SK PAI 24.123 FAT u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain