SKRIPSI PAI
Penerapan Nilai Islam Moderat Melalui Pembelajaran Ke-NU-An Dalam Mewujudkan Sikap Moderat Peserta Didik Di MTs Ma'Arif NU 05 Majasari Kabupaten Purbalingga
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya paham radikalisme yang semakin meluas di Indonesia menjadikan agama sebagai alat propaganda perubahan sosial atau reformasi politik yang drastis dengan menggunakan cara-cara kekerasan. Dalam hal ini nilai Islam moderat penting untuk diterapkan untuk mewujudkan sikap moderat peserta didik. MTs Ma'arif NU 05 Majasari yang merupakan salah satu dari lembaga pendidikan di bawah NU, memiliki spirit dalam mewujudkan Islam yang moderat. Perwujudan yang diterapakan oleh sekolah ini adalah sebagai upaya mempertahankan poin-poin Ahlussunnah Wal Jama’ah (ASWAJA) melalui pendidikan yang bermuatan Ke-NU-an. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah apa saja nilai-nilai Islam moderat yang diajarkan melalui pembelajaran Ke-NU-an di MTs Ma'arif 05 Majasari?, Bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru Ke-NU-an dalam mewujudkan sikap moderat peserta didik MTs Ma'arif 05 Majasari? Dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan nilai Islam dalam pembentukan sikap moderat peserta didik MTS Ma'arif 05 Majasari?, tujuannya adalah untuk mengetahui nilai-nilai Islam moderat yang diajarkan, upaya yang dilakukan oleh guru Ke-NU-an dan faktor pendukung dan penghambat penerapan nilai Islam dalam pembentukan sikap moderat. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah, kepala sekolah , guru Ke-NU-an, dan peserta didik MTs Ma’arif NU 05 Majasari. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah nilai-nilai Islam moderat yang diajarkan yaitu tawasuth, tawazun, i'tidal, dan tasamuh. Dalam penerapan nilai nilai Islam moderat yaitu kegiatan, pembiasan keagamaan, strategi pembelajaran, pemberian keteladanan motivasi. Faktor pendukung dan penghambat dalam proses penerapan nilai tersebut, untuk faktor pendukung seperti faktor adanya mata pelajaran keagamaan, kegiatan nasional, lingkungan dan interaksi guru dan peserta didik. Faktor penghambatnya yaitu terbatasnya jam pelajaran dan kurangnya kedisiplinan peserta didik
24SK2421119.00 | SK PAI 24.119 BAG p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain